detikHot

celeb

7 Perjalanan Karier Neno Warisman, dari Juara Baca Puisi hingga Penulis Buku

Selasa, 26 Feb 2019 09:45 WIB Niken Widya Yunita - detikHot
7 Perjalanan Karier Neno Warisman, Juara Baca Puisi hingga Penulis Buku/Foto: Instagram/Nenowarismannew 7 Perjalanan Karier Neno Warisman, Juara Baca Puisi hingga Penulis Buku/Foto: Instagram/Nenowarismannew
Jakarta - Neno Warisman dikenal sebagai penyanyi pada tahun 1980-an. Bagaimana perjalanan karier Neno?

Wanita bernama lengkap Titi Widoretno Warisman ini lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, pada 21 Juni 1964. Neno merupakan penyanyi terkenal.

Berikut perjalanan karier Neno Warisman.



1. Juara Baca Puisi

Neno muda suka pada puisi. Dia pun terpilih sebagai juara baca puisi se-Jakarta pada tahun 1978. Dia pun melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra Prancis Universitas Indonesia.

Pada Munajat Akbar 212 pada 21 Februari Neno membacakan puisi. Puisinya pun ditanggapi beragam oleh beberapa kalangan.

2. Penyanyi

Neno terkenal sebagai penyanyi pada tahu 1980-an. Lagunya yang terkenal hingga kini yakni 'Matahariku'. Dia juga berduet dengan penyanyi Fariz RM, pada lagu Nada Kasih. Lagu religinya yang terkenal yakni 'A Ba Ta Tsa'.

3. Pemain Film

Selain menyanyi, Neno Warisman merambah dunia akting. Neno terkenal karena aktingnya sebagai Sayekti di film 'Sayekti dan Hanafi' yang ditayangkan TVRI dan disutradarai oleh Irwinsyah.

Selain itu, Neno juga pernah bermain dalam film 'Semua Sayang Kamu (1989)'. Film itu masuk dalam nominasi Aktris Terbaik Festival Film Indonesia 1989.

Nah, pada tahun 2005, Neno bermain dalam film 'Rindu Kami PadaMu' pada 2005 garapan Garin Nugroho. Film ini meraih penghargaan sebagai film terbaik Asia di Osian's Cinefan Festival ke-7 di New Delhi, India, yang berlangsung 16-24 Juli 2005.

4. Habiskan waktu untuk Dunia Religi

Neno memutuskan untuk memakai jilbab pada 1991. Dia pun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk dunia religi, sosial, dan pendidikan.

Neno kerap diundang untuk berbicara di seminar-seminar para ibu. Dia berbicara terutama tentang pengasuhan anak yang benar, pendidikan, dan kesehatan.

5. Penulis

Neno menulis buku bertajuk Izinkan Aku Bertutur. Bukunya itu diterbitkan pada ulang tahunnya yang ke-40, yakni pada 21 Juni 2004 dengan penerbitnya yakni Syaamil. Tahun 2006, dengan penerbit yang sama, Neno merilis buku berjudul 'Matahari Odi Bersinar Karena Maghfi'.

6. Kehidupan Pribadi

Neno menikah dengan Ahmad Widiono Doni Wiratmoko dan memiliki 3 orang anak. Namun pernikahan keduanya kandas.

7. Buka Usaha

Neno Warisman membuka usaha biro perjalanan haji dan umrah. Nama biro usaha itu Neno Tour dan terletak di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.



Simak Juga 'Puisi Emosional Neno Warisman di Munajat Akbar 212':

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/ken)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com