detikHot

celeb

5 Selebriti Tajir Indonesia Ini Dulu Punya Karier Jadi Tukang Cuci Piring

Kamis, 15 Nov 2018 20:18 WIB Jenaka Narendra - detikHot
Foto: Pool/Ismail/detikFoto Foto: Pool/Ismail/detikFoto
Jakarta -

Profesi sebagai selebriti tampak begitu jauh dari pekerjaan kasar. Selalu mendapat perlakuan nomor satu dan dipuja banyak fans, susah membayangkan para artis sukses pernah melakukan pekerjaan yang menguras fisik.

Namun banyak yang tak tahu bahwa lima artis berikut pernah bekerja sebagai pencuci piring sebelum sukses di dunia hiburan Indonesia.

1. Daniel Mananta

Sejak SMP kelas 2 Daniel dikirim untuk bersekolah di Australia. Namun pada 1998, krisis moneter yang mendera Indonesia turut memengaruhi kondisi finansial keluarganya. Bukan anak manja, Daniel pun bekerja keras di sana demi membantu perekonomian keluarga.

Daniel Mananta bekerja di sebuah restoran ayam. Di sana ia harus mengerjakan berbagai tugas. Mulai dari memasak ayam, sampai cuci piring. Bahkan ia juga harus membersihkan WC. Hampir semua tugas yang diperintahkan harus rela dilakoninya.

2. Ario Bayu

Sekarang jadi salah satu aktor film terlaris, siapa sangka Ario Bayu juga pernah mencari rezeki sebagai pencuci piring dan tukang bersih-bersih. Ketika usianya 16 tahun, Ario pernah mendapat pekerjaan sebagai pencuci piring dan cleaning service di sebuah restoran di Australia.

Ia bahkan pernah mencuci hingga tengah malam. Bukannya malu, suami Valentine Payen ini justru bangga dengan pengalaman kerjanya tersebut. Ia merasa senang bisa mandiri sejak usia remaja.

3. Christian Sugiono

Saat ini nama Christian Sugiono lebih dikenal sebagai aktor dan pengusaha sukses. Namun, semasa muda ia pernah tinggal di Jerman yang menuntutnya untuk hidup mandiri.

Selama tiga tahun Christian bekerja sebagai tukang cuci piring di sebuah restoran. Selain itu ia pun sempat mencicipi posisi lain seperti juru masak dan kasir.

Pengalaman ini menggembleng suami Titi Kamal ini hingga sukses seperti sekarang.

4. Chef Arnold

Berbeda dengan beberapa selebriti di atas, Chef Arnold tinggal bersama keluarganya di Australia. Meski begitu hal ini tak membuatnya manja dan malas.

Sejak remaja ia telah bertekad untuk mandiri. Ia pun bekerja sebagai pencuci piring di rumah makan. Selain itu ia juga mengerjakan tugas lain seperti menjadi juru masak.

Pengalaman ini justru menggembleng Arnold dan membantunya mendirikan salah satu restoran terlaris di Sidney, Australia.

5. Dede Sunandar

Pekerjaan Dede sebelum jadi artis sama sekali tak berhubungan dengan seni. Ia merupakan cleaning service dan tukang cuci piring di sebuah stasiun televisi nasional.

Tak disangka nasibnya berubah ketika ia diajak menjadi figuran dalam program OVJ. Sekarang Dede Sunandar telah menjadi pengisi acara di sejumlah program televisi.

Ia pun mendapat tawaran berakting dalam film dan sinetron. Dede bahkan punya program acara travelling sendiri yang dipandu bersama rekannya Mumuk Gomez.




(ken/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com