DetikHot

celeb

Biaya Pernikahan Putri Eugenie Capai Rp 39 M, Publik Inggris Protes

Selasa, 02 Okt 2018 17:07 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Biaya Pernikahan Putri Eugenie Capai Rp 39 M, Publik Inggris Protes Foto: Putri Eugenie dan Jack Brooksbank (Dok. Getty Images)
Jakarta - Kerajaan Inggris akan kembali menggelar Royal Wedding bulan ini. Putri Eugenie akan menikah dengan Jack Brooksbank pada 12 Oktober mendatang.

Berbeda dengan pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry, pernikahan Putri Eugenie digelar dengan sangat mewah. Bahkan, biaya resepsi ditaksir mencapai GBP 2 juta atau sekitar Rp 39 miliar.

Hal ini sontak membuat murka rakyat Inggris yang membayar pajak. Bahkan lebih dari 18 ribu orang sudah menandatangani petisi online yang memaksa keluarga kerajaan membayar keperluan pernikahan Putri Eugenie tanpa menggunakan uang pajak yang mereka bayarkan.

"Petisi ini bertujuan meminta House of Commons untuk memaksa pemerintah agar bisa memastikan keterbukaan dan transparansi berkaitan dengan uang yang digunakan di pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank, sama sekali tak menggunakan uang publik dan merilis laporan untuk para pembayar pajak," ujar pernyataan di situs tersebut.

Publik pun juga mengungkapkan protes mereka di media sosial. Banyak yang berpendapat Putri Eugenie tak memiliki peran apapun di kerajaan sehingga tak pantas menggelar pernikahan dengan biaya besar menggunakan uang rakyat.

"Publik tak tertarik dengan royal wedding lagi. Dia juga tak punya tugas kerajaan apapun," ujar salah satu netizen.

"Bahkan BBC saja tak mau menyiarkan pernikahannya. Kenapa royal wedding seperti ini harus mengeluarkan biaya sangat besar?" tambah lainnya.

Putri Eugenie adalah anak dari Pangeran Andrew, anak ketiga dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.


(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed