DetikHot

celeb

Kisah Hidup Mat Solar, Melejit karena Bajaj Bajuri Kini Stroke

Selasa, 18 Sep 2018 21:05 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Kisah Hidup Mat Solar, Melejit karena Bajaj Bajuri Kini Stroke Foto: dok Insert Trans TV
Jakarta - Setelah lama hilang dari dunia hiburan, Mat Solar muncul dengan kabar mencengangkan. Pemeran Bajuri di Sitkom Bajaj Bajuri itu tengah terkena stroke dan tak bisa jalan.

Mat Solar memiliki nama asli Nasrullah. Dia merupakan anak kelima dari sembilan bersaudara. Sebelum terkenal di Bajaj Bajuri, Mat Solar sudah kerap muncul di TVRI pada tahun 1978-1982.

Dari acara di TVRI, Teater Mama itu pula, nama panggungnya ia peroleh. Dia memerankan tokoh Mat Solar yang kemudian terus menempel kepadanya.

Teater ini terkenal karena dianggap 'nakal' karena berani mengkritik pemerintah Orde Baru. Tak heran jika teater itu akhirnya disetop tayang di TVRI.



Pada tahun 1990, Teater Mama kembali coba dihidupkan. Sayangnya, sambutan publik kurang membahagiakan. Setelah itu, nama Mat Solar seakan hilang.

Ia baru muncul lagi di beberapa sinetron di televisi swasta. Sebut saja Senggal-Senggol, Sorga di Bawah Telapak Kaki Ibu, Raja Sawer, dan Luv.

Namun nama Mat Solar benar-benar bersinar saat Sitkom Bajaj Bajuri melejit. Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Jurusan Sosiologi, FISIP, Universitas Indonesia (UI) selama 10 semester itu dipasangkan dengan Rike Diah Pitaloka.

Sitkom itu disukai banyak orang. Mat Solar dan para pemain di sitkom tersebut ikut tenar. Di masa itu, Mat Solar kerap wira-wiri di layar kaca sebagai bintang iklan.

Mat Solar semakin sukses saat berperan sebagai Haji Sulam, tukang bubur yang bisa naik haji. Meski berbeda dengan Bajaj Bajuri, sinetron itu juga sukses mendulang banyak penonton.

Tukang Bubur Naik Haji diputar di televisi sejak tahun 2012 hingga 2017. Namun sebenarnya Mat Solar sudah tidak muncul di sinetron itu sejak tahun 2013.

Saat itu muncul kabar bahwa hilangnya Mat Solar dari sinetron itu karena terkait permintaan kenaikan honor yang tak disanggupi. Dan setelah itu Mat Solar seperti menghilang. Tidak banyak kabar yang memberitakan Mat Solar.

Dan ternyata, tiga bulan yang lalu, Mat Solar terkena stroke hingga tak bisa berjalan. Menurut sang istri, Ida Nurlaila, Mat Solar sempat terkena stroke ringan pada 2015.

Dan pada akhir Juli 2018, stroke kembali menyerang saat Mat Solar sedang asyik nonton pertandingan di Piala Dunia 2018. Hingga kini, Mat Solar masih dalam masa pemulihan.

Tonton juga video: Mat Solar Sudah Lama Putuskan Hengkang dari Dunia Hiburan

[Gambas:Video 20detik]


(ken/kmb)

Photo Gallery
FOKUS BERITA:Kisah Tragis Mat Solar
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed