detikHot

book

Penulis 'Eat, Pray, Love' Ungkap Riset Mendalam di Novel Terbarunya

Rabu, 12 Jun 2019 15:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Penulis memoar 'Eat, Pray, Love' Elizabeth Gilbert merilis novel terbaru 'City of Girls'. Karya tersebut novel fiksi ketiganya dan buku ke-10 sepanjang kariernya sebagai penulis.

Dalam menggarap 'City of Girls', Gilbert menuturkan melakukan riset mendalam. Dengan latar kota New York i tahun 1940-an, ia harus kembali ke waktu 79 tahun silam.

"Saya benar-benar terintimidasi menggunakan bahasa Inggris di tahun 1940-an dengan baik dan benar tapi saya terkejut ternyata tak jauh banyak perbedaannya," ujar Gilbert, dilansir berbagai sumber, Rabu (12/6/2019).



Ia menuturkan novel sejarah yang terakhir ditulisnya berasal dari periode 1800-an sampai 1780 silam. Namun di novel terbarunya, ia harus menemukan metode atau teknik cara menulis surat.

"Orang-orang menulis surat sama seperti cara mereka berbicara, dan mereka menulisnya dalam jurnal mereka," katanya.

"Ternyata semuanya tidak jauh berbeda dan saya dikejutkan betapa miripnya New York tahun 1940 dibandingkan dengan masa sekarang. Saya sendiri pernah tinggal di New York selama 30 tahun dan merasa lebih betah menulis cerita di tahun 1940-an," pungkasnya.




(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com