detikHot

book

Eksisnya Toko Buku Alternatif di Jakarta, Minat Baca Buku Indie Meningkat?

Jumat, 17 Mei 2019 16:05 WIB Tia Agnes - detikHot
Eksisnya Toko Buku Alternatif di Jakarta, Minat Baca Buku Indie Meningkat? Foto: Post_Santa/ Istimewa Eksisnya Toko Buku Alternatif di Jakarta, Minat Baca Buku Indie Meningkat? Foto: Post_Santa/ Istimewa
Jakarta - Tak bisa dipungkiri berdirinya toko buku alternatif membuat semakin banyak beragam buku yang diperjualbelikan. Hal itu pula yang menambah nilai positif dari ekosistem dunia buku.

Di Jakarta ada 5 toko buku alternatif yang tersebar, ditambah toko buku fisik yang telah melegenda. Seperti di kawasan Pasar Senen hingga toko buku Bengkel Deklamasi di Taman Ismail Marzuki (TIM) milik budayawan Jose Rizal.

Salah satu pendiri POST Santa, Teddy Kusuma, menuturkan buku-buku terbitan POST Press seperti 'Aku, Meps, dan Beps', serta dua buku 'Na Willa' digemari pembaca. Buku terbitan Banana Publishing 'Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi' juga mendapat sambutan yang hangat.


Eksisnya Toko Buku Alternatif di Jakarta, Minat Baca Buku Indie Meningkat?Eksisnya Toko Buku Alternatif di Jakarta, Minat Baca Buku Indie Meningkat? Foto: Post_Santa/ Istimewa


"Misalnya saja buku 'Na Willa' kedua awalnya kita cetak 1000 eksemplar lalu beberapa kali cetak ulang lagi. Buku pertamanya kami akhirnya terbitkan dan cetak lagi," tutur Teddy.

Novel 'Raden Mandasia' karya Yusi Avianto Pareanom kembali cetak ulang setelah terbit dengan cetakan 3.000 eksemplar. "Artinya untuk ukuran buku alternatif itu jumlahnya sangat banyak," lanjutnya.

Seorang pembaca buku sekaligus bookstagrammer Sintia Astarina menuturkan buku-buku terbitan toko buku indie terbilang mereka unik.



"Cuma bisa didapatkan di toko buku indie tertentu, dan kualitasnya nggak kalah dengan buku-buku yang dijual di toko buku biasa," tutur perempuan yang juga novelis 'Nyanyian Hujan' (Grasindo, 2013).

Buku yang baik, tambah Teddy, adalah buku yang diperkenalkan terus menerus agar jalur distribusi bisa berjalan dengan baik. "Kami juga berharapnya agar distribusi buku bisa berjalan dengan baik," tukasnya.



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com