DetikHot

book

Dicuri, Karya Seni Ciptaan Komikus 'Ai & Makoto' Muncul di Situs Lelang

Senin, 14 Mei 2018 15:29 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dicuri, Karya Seni Ciptaan Komikus Ai & Makoto Muncul di Situs Lelang Dicuri, Karya Seni Ciptaan Komikus 'Ai & Makoto' Muncul di Situs Lelang Foto: Istimewa
Jakarta - Karya seni yang hilang dicuri puluhan tahun yang lalu bisa tiba-tiba muncul di situs lelang. Hal yang sama terjadi di karya ciptaan komikus 'Ai & Makoto' karya Ikki Kajiwara dan Takumi Nagayasu.

Penerbit Kodansha mengumumkan ada karya seni dari kedua komikus tersebut yang hilang dicuri pada tahun 1970-an silam. Namun, karyanya muncul di situs lelang Mandarake.

Menurut Kodansha, Nagayasu memegang materi dari karya tersebut tapi sama sekali tidak pernah menjual kepada pihak ketiga. Tiga dekade lalu, pihak penerbit pernah meminjamkan untuk memamerkan karya-karyanya namun sempat hilang dicuri.



Ada beberapa gambar asli yang masih hilang saat itu, termasuk karya lelang yang ditawarkan di situs tersebut. Halaman karya seni yang dijual di situs lelang dihargai mulai harga Rp 10 juta hingga Rp 500-an juta.

Meski pihak Kodansha tidak menutup maupun menuntut penjualan, tapi mereka melaporkan karya seni di akun resmi. "Kami meminta para pembeli untuk menutup dompet mereka terhadap lelang karya seni komikus 'Ai & Makoto'," tulis mereka seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ikki Kajiwara diketahui sebagai penulis naskah manga dengan ilustrasi yang digambar oleh Takumi Nagayasu sejak tahun 1973-1976. Manga ini mengilhami adaptasi serial televisi di tahun 1974 serta tiga film live-action.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed