DetikHot

book

Ini Halaman Langka dari Manga 'Astro Boy' yang Terjual Rp 4,4 M

Senin, 14 Mei 2018 14:08 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ini Halaman Langka dari Manga Astro Boy yang Terjual Rp 4,4 M Ini Halaman Langka dari Manga 'Astro Boy' yang Terjual Rp 4,4 M Foto: Anime News Network
Jakarta - Komik Jepang 'Astro Boy' yang berjudul asli 'Mighty Atom' yang digemari pecinta manga pertama kali diterbitkan pada 1952 silam. Puluhan tahun berselang, salah satu halaman yang ada di dalam 'Astro Boy' dilelang di sebuah rumah lelang Paris pada Sabtu (12/5) lalu.

Awalnya halaman manga tersebut diprediksi terjual sekitar US $ 48.000 (Rp 666 juta) hingga US $ 72.000 (Rp 1 miliar). Namun, harga yang terjual justru 5 kali lipat lebih tinggi dengan angka mencapai Rp 4,4 miliar.



Halaman manga karangan Osamu Tezuka itu menampilkan Astro Boy sedang berada dalam pertarungan. Halaman terakhir yang aslinya diterbitkan di Majalah Shonen milik Kobunsha itu terbit antara tahun 1956-1957.

Seorang ahli komik di Rumah Lelang Artcurial, Eric Leroy, mengatakan penjualan tersebut merupakan rekor dunia untuk seniman yang karya-karyanya sedikit di pasaran.

"Pembelinya adalah seorang kolektor Eropa yang telah lama menyukai karya Osamu Tezuka dan menyukai Astro Boy," ujarnya dilansir dari Anime News Network, Senin (14/5/2018).

Manga ini memang terbit di Shonen antara tahun 1952-1968 silam. Serial ini berhasil mengilhami berbagai manga spin-off dan diadaptasi dalam bentuk anime. Pada 1963, animenya menjadi salah satu serial televisi animasi pertama di Jepang.



Sebelum berita mengenai lelang 'Astro Boy' ini, seorang profesor menemukan skenario 36 halaman yang tidak terpakai dari adaptasi anime 'Astro Boy'. Keluarga aktor kenamaan Jepang tahun lalu juga menemukan 9 ilustrasi Tezuka saat ia masih berkuliah.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed