DetikHot

book

Kalahkan Dan Brown, Lee Child Jadi Penulis Thriller Terlaris

Kamis, 12 Apr 2018 13:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kalahkan Dan Brown, Lee Child Jadi Penulis Thriller Terlaris Kalahkan Dan Brown, Lee Child Jadi Penulis Thriller Terlaris Foto: Lee Child/ Pribadi
Jakarta - Nama Lee Child mencuat tahun ini sebagai penulis thriller dan kriminal yang terlaris di Inggris. Survei yang dilakukan oleh Nielsen Bookscan menunjukkan hasil penjualan buku bergenre thriller dan kriminal serta daftar para penulis yang paling berjaya.

Di Inggris, penjualan buku thriller dan kriminal mengalami kenaikan sebesar 19 % antara tahun 2015-2017. Kenaikan ini dipicu oleh keberhasilan karya para penulis yang produktif melahirkan karya.

Bahkan angka yang naik itu melampaui penjualan fiksi dan sastra yang turun di angka 16 %. Secara keseluruhan, dari data Nielsen Lee Child menjadi penulis thriller terlaris di Inggris.



Tahun lalu dia berhasil menjual 1,2 juta buku senilai 7,5 juta Pounsterling. Novel terkenalnya adalah 'Jack Reacher' yang diadaptasi ke versi layar lebar dan diperankan Tom Cruise.

Diikuti di posisi kedua oleh James Patterson. Serta Dan Brown di posisi ketiga dengan angka penjualan 482 ribu buku.

Kalahkan Dan Brown, Lee Child Jadi Penulis <i>Thriller</i> Terlaris. Foto: Paula HawkinsKalahkan Dan Brown, Lee Child Jadi Penulis Thriller Terlaris. Foto: Paula Hawkins/ Getty Images


Di belakangnya ada Paula Hawkins yang terkenal lewat novel thriller psikologis berjudul 'The Girl on the Train'. Novelnya saat itu bestseller dan disukai pembaca. Dilanjutkan dengan karya Hawkins berikutnya 'Into the Water'.

Selanjutnya ada John Grisham dengan novel bertemakan hukum. Mantan politikus dan pensiunan pengacara AS itu terkenal lewat novel 'A Time to Kill', 'The Firm', 'The Whistler', dan masih banyak lagi.



Di posisi ke-6, ada Shari Lapena seorang penulis Kanada yang tadinya menulis komedi beralih ke thriller dengan novel berjudul 'The next Door' (2016). Novel 'A Stranger in the House' baru rilis pada 2017 lalu.

"Genre thriller psikologis menjadi fenomenal dan populer di Inggris. Peningkatan penjualannya membuat pembaca makin penasaran dengan plot yang rumit dan pembaca tenggelam dengan kisah-kisah yang diceritakan oleh orang pertama," tutur Julia Wisdom, perwakilan dari HarperCollins.


(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed