DetikHot

book

Sebelum Wafat, Nh Dini Cerita Novel 'Pada Sebuah Kapal' yang Dibajak

Selasa, 04 Des 2018 20:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sebelum Wafat, Nh Dini Cerita Novel Pada Sebuah Kapal yang Dibajak Sebelum Wafat, Nh Dini Cerita Novel 'Pada Sebuah Kapal' yang Dibajak Foto: GPU
Jakarta - Kabar kepergian sastrawan besar Nh Dini membawa duka yang mendalam bagi industri buku Indonesia. Karya-karyanya menjadi pembaharu atas tema perempuan, salah satunya adalah novel 'Pada Sebuah Kapal'.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) sebelumnya menerbitkan ulang novel dari ibunda kreator 'Despicable Me' dan 'Minnions' tersebut. Editor Sastra GPU, Mirna Yulistianti menuturkan keduanya sempat berbicara akhir pekan lalu.

Ada satu masalah yang dilontarkan oleh Nh Dini pada pihak GPU.

"Sabtu lalu, beliau sempat whatsapp dan mengatakan bukunya dibajak. Beliau bilang dibajak di situs online, mengadukan pada saya dan pihak GPU," ujarnya ketika dihubungi detikHOT, Selasa (4/12).



Pihak GPU pun menanggapi kasus tersebut. "Kami bilang akan mem-follow up kasus ini, dari pihak kami ada satu orang yang akan membantu," lanjutnya.

Kepergian Nh Dini juga membawa duka yang mendalam terhadap GPU. "Segenap redaksi Gramedia Pustaka Utama mengucapkan turut berduka cita yg sedalam-dalamnya. Semoga Ibu Nh. Dini mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. #bukugpu," kicau @bukugpu.

Novel 'Pada Sebuah Kapal' dicetak ulang oleh GPU pada Agustus lalu. Di karya ini, Nh Dini memunculkan sosok Sri sebagai perempuan tangguh dan cerdas.



Mengisahkan perjalanan hidup seorang penyiar radio bernama Sri yang memiliki impian menjadi pramugari. Karena sakit, ia gagal dalam tes sebagai pramugari, namun cerita Sri tak berhenti sampai di situ.

Seorang teman Sri yang bernama Narti mengenalkan pada beberapa teman dengan latar belakang penerbangan, kehidupan cintanya pun berlanjut. Novel ini pertama kali terbit di tahun 1972 silam.

Tonton video: Mengenang Nh Dini: Rasa dan Realita dalam Karya

[Gambas:Video 20detik]




(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed