DetikHot

book

Kisruh Nobel Sastra, Yayasan Nobel: Sampai Sekarang Tak Ada Kepastian

Senin, 28 Mei 2018 12:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Kisruh Nobel Sastra, Yayasan Nobel: Sampai Sekarang Tak Ada Kepastian Kisruh Nobel Sastra, Yayasan Nobel: Sampai Sekarang Tak Ada Kepastian Foto: DW (Soft News)
Jakarta - Setelah kabar mengenai ditundanya pengumuman Nobel Sastra tahun ini, pihak Yayasan Nobel justru mengumumkan kabar tak jelas lagi. Mereka berpendapat sampai sekarang tidak ada kepastian tentang Nobel Sastra.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Yayasan Nobel Lars Heikensten saat berbincang di sebuah stasiun radio lokal.

"Hadiah 2018 akan diberikan ketika Akademi Swedia telah mendapatkan kepercayaan dirinya lagi atau sedang dalam proses yang maksimal," ujar Heinkensten dilansir dari berbagai sumber, Senin (28/5/2018).



Hadiah Nobel Sastra 2018 ditunda lantaran kasus skandal pelecehan seksual. Pengumuman pemenang tahun ini akan dibacakan sekaligus pada 2019 mendatang.

"Ini artinya tidak ada tenggat waktu di 2019," katanya lagi.

Kisruh mengenai Akademi Swedia sebagai penyelenggara Hadiah Nobel menyeruak sejak November lalu ketika kampanye #MeToo menyebar. Harian lokal Swedia menyebutkan ada 18 perempuan yang bersaksi dan mengaku telah diperkosa, dilecehkan secara seksual, atau dilecehkan oleh seorang tokoh berpengaruh dengan menjalin hubungan dengan Akademi.

Ketidaksepakatan di lembaga bergengsi itu membuat 18 orang anggota berdebat. Sebanyak 6 orang anggota berhenti termasuk Sekretaris Akademi Swedia Sara Danius.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed