DetikHot

book

Penulis dan Pelopor Jurnalisme Baru Tom Wolfe Tutup Usia

Rabu, 16 Mei 2018 12:26 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis dan Pelopor Jurnalisme Baru Tom Wolfe Tutup Usia Penulis dan Pelopor Jurnalisme Baru Tom Wolfe Tutup Usia Foto: Istimewa
Jakarta - Tom Wolfe yang dikenal sebagai penulis 'The Right Stuff' dan 'The Bonfire of the Vanities' meninggal dunia di usia 88 tahun. Agen sastra sang penulis mengkonfirmasi kabar duka tersebut.

Tom Wolfe meninggal karena infeksi yang tidak disebutkan namanya oleh pihak rumah sakit. Agennya yang bernama Lynn Nesbit mengumumkannya pada awak media.

Ia juga dikenal sebagai pelopor jurnalisme baru yang dikembangkan di dekade 1960an dan 1970an. Gaya sastra yang diusungnya ditulis dari perspektif subyektif sebagai lawan dari jurnalisme obyektif yang lebih tradisional.

Tulisannya penuh dengan tanda seru, huruf miring, dan kata-kata yang tidak mungkin. Bukunya soal jurnalisme baru diterbitkan di tahun 1973. Di dalamnya ada tulisan dari Truman Capote, Hunter S. Thompson, dan Norman Mailer.

National Book Foundation lewat akun Twitter-nya menuliskan duka yang mendalam bagi kepergian Wolfe.

"Tom Wolfe yang merupakan pemenang dari National Book Award dan mendapatkan penghargaan seumur hidup, pemikirannya tetap ada pada para pembaca dan teman-teman," tulis mereka.

Editor The New York Times Book menggambarkan kematian Wolfe sebagai 'melewati suatu era'. Wolfe juga memenangkan kategori Bad Sex dalam Hadiah Fiksi di tahun 2004 untuk karyanya yang berjudul 'I Am Charlotte Simmons' dan di tahun 2012 untuk buku berjudul 'Back to Blood'.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed