DetikHot

book

Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019

Senin, 16 Apr 2018 09:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019 Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019 Foto: LBF 2018
Jakarta - Sukses hadir di London Book Fair (LBF) 2018 dengan menempati stand 5 D169 dan memboyong 300 judul buku, Paviliun Indonesia siap menyambut London Book Fair 2019 nanti. Tahun depan Indonesia akan menjadi market fokus atau fokus pasar di pameran buku bergengsi di dunia tersebut.

Di hari terakhir LBF 2018 berlangsung penyerahan market focus country dari tiga negara Baltic (Lithuania, Estonia, dan Latvia) kepada Indonesia. Dalam sesi penyerahan tersebut Indonesia diwakili oleh Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya Rizal Sukma, Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik, dan Wakil Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Faturahman.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengatakan Indonesia akan berusaha tampil semaksimal mungkin di LBF 2019.



"Ini adalah kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk menampilkan Indonesia yang kontemporer dan maju, sebagai bangsa yang besar, yang terdiri dari multi etnik dan keberagaman dari setiap sejarahnya serta memiliki potensi kekuatan dari segi ekonomi kreatifnya yang akan mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia," kata Ricky dalam keterangan pers yang diterima detikHOT.

Sebagai market focus nanti, Indonesia kembali mengusung tema '17.000 Islands of Imagination. Tema tersebut pernah dihadirkan di Frankfurt Book Fair (FBF) 2015 saat menjadi tamu kehormatan kala itu.

Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019 Foto: LBF 2018


Dubes Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma juga berharap kehadiran Indonesia tahun depan tid hanya terasa di area pameran saja di Olympia, London.

"Kami berharap dukungan dari semua mitra untuk membantu tugas Bekraf dalam menampilkan Indonesia sebagai market focus country tahun depan dan kami optimis untuk bisa menampilkan Indonesia tidak hanya di dalam lokasi London Book Fair di Olympia, namun juga di seluruh London," ujar Rizal Sukma.


Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019Indonesia Siap Jadi Market Focus di London Book Fair 2019 Foto: LBF 2018


Direktur London Book Fair Jacks Thomas pun tak sabar menunggu kehadiran Indonesia sebagai market focus di LBDF 2019. "Saya sangat bersemangat menyambut Indonesia untuk menjadi Market Focus tahun depan dan siap untuk bekerja dengan mereka untuk mempromosikan penerbitan dan literatur Indonesia di LBF 2019," katanya.

Untuk menyiapkan market focus Indonesia di LBF 2019 mendatang, Pelaksana Indonesia Market Focus sudah dibentuk oleh Bekraf dan Kemendikbud. Bekerja sama dengan British Council, tim panitia telah menyiapkan program residensi penulis Indonesia ke Inggris, kunjungan para penulis dan media Inggris ke Indonesia, mendatangkan 6 penerbit dari Inggris ke Jakarta dan Makassar pada 2 Mei mendatang, dan program lainnya.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed