DetikHot

book

Program Residensi Penulis Indonesia 2018 Kembali Dibuka

Rabu, 14 Mar 2018 11:42 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Program Residensi Penulis Indonesia 2018 Kembali Dibuka Program Residensi Penulis Indonesia 2018 Kembali Dibuka Foto: London Book Fair 2016 (Ilustrasi)
Jakarta - Komite Buku Nasional (KBN) kembali membuka program residensi penulis ke dalam negeri dan mancanegara. Program yang ketiga kalinya digelar oleh KBN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu diumumkan lewat akun media sosial KBN hari ini.

"Residensi Penulis Indonesia telah dibuka. Komite Buku Nasional dan Program Beasiswa Unggulan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kembali Program Residensi Penulis Indonesia. #ResidensiPenulisIndonesia," tulis keterangan KBN, seperti dikutip detikHOT, Rabu (14/3/2018).



Dalam situs Islands of Imagination, disebutkan dengan adanya program Residensi Penulis Indonesia nantinya dapat mempromosikan sastra dan budaya Indonesia lewat beragam acara. Nantinya program lanjutan di dalam negeri bisa berupa presentasi dari penulis mengenai program yang diikutinya.

Bagi penulis yang ingin mengikuti program residensi luar negeri dan dalam negeri, harus memiliki satu buku yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang sudah diterbitkan. Mereka pun harus lolos seleksi proposal dan seleksi wawancara.

Pendaftaran online dibuka pada 24-31 Maret 2018 dan seleksi dilakukan 1-10 April 2018. Masa penyelenggaraan residensi sendiri berlangsung Mei hingga November 2018.



Serta yang menjadi catatan penting bagi KBN adalah, "Partisipasi perempuan penulis dan penulis dari kawasan timur Indonesia sangat diharapkan."

Sebelumnya KBN berhasil mengirimkan 21 penulis Tanah Air ke mancanegara dan pada 2016 ada sembilan orang penulis yang juga melakukan residensi.



(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed