DetikHot

book

Forum Lenteng Jakarta Terbitkan Buku 'Sore Kelabu di Selatan Singkarak'

Rabu, 14 Feb 2018 17:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Forum Lenteng Jakarta Terbitkan Buku Sore Kelabu di Selatan Singkarak Forum Lenteng Jakarta Terbitkan Buku 'Sore Kelabu di Selatan Singkarak' Foto: Instagram/ Hafiz Rancajale
Jakarta - Forum Lenteng Jakarta akan menerbitkan buku 'Sore Kelabu di Selatan Singkarak'. Buku yang berisi 11 tulisan tentang situasi sosial-budaya dan lingkungan di sekitar Danau Singkarak, Solok, Sumatera Barat itu mulai ditulis sejak 2015 sampai 2017.

Kumpulan tulisan tersebut berasal dari program AKUMASSA Bernas yang digagas oleh Forum Lenteng. Buku karya Albert Rahman Putra itu merekam fragmen-fragmen kejadian dan kisah yang bergulir di sekitaran Danau Singkarak.



"Albert mengamati situasi ini sejak tahun 2010 yang kemudian dibingkai ke dalam 11 tulisan. Isu-isu tersebut antara lain tentang kondisi liungkungan, peseteruan warga, keberadaan tambang dan dampaknya pada situasi sosial masyarakat, kebijakan dan respons pejabat pemerintah, serta jalur dagang warisan kolonial melalui penelusuran sejumlah arsip sejak tahun 1818," ujar Albert dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Rabu (14/2/2018).

Dalam sinopsisnya disebutkan cerita tentang Danau Singkarak muncul dari sampah-sampah yang mengapung di perairan, dari kedai yang tak berizin, nelayan yang cuek, dan kegelisah warganya.

Sejak 2010, Alberit mengamati kawasan tersebut dan menuliskan kondisi lingkungan, kerusakan jalan, perseteruan warga di sejumlah desa sekelilingnya, dan lain-lain.

Bukunya akan diluncurkan Rabu (21/2) mendatang di Galeri Kubik Koffie, Padang, Sumatera Barat. Direktur Program AKUMASSA Otty Widasari, Albert sampai Esha Tegar Putra sebagai kritikus sastra akan hadir membahas buku tersebut.


[PELUNCURAN DAN BEDAH BUKU] • AKUMASSA BERNAS #1 — "SORE KELABU DI SELATAN SINGKARAK" penulis: Albert Rahman Putra (@albertrahmanp) - penerbit: Forum Lenteng (@forumlenteng) • Rabu, 21 Februari 2018 Pukul 19.30 WIB di Galeri Kubik Koffie Jl. Olo Ladang, No.12, Olo, Kota Padang, Sumatera Barat. - narasumber: Andini Nafisika (Moderator), Otty Widasari (Editor/direktur program akumassa), Albert Rahman Putra (Penulis), Esha Tegar Putra (Pembahas) - Dalam buku kumpulan tulisan berjudul SORE KELABU DI SELATAN SINGKARAK ini, Albert merekam fragmen-fragmen kejadian dan kisah yang bergulir di sekitaran Danau Singkarak. Albert mengamati situasi ini sejak tahun 2010 yang kemudian dibingkai ke dalam 11 tulisan. Isu-isu tersebut antara lain tentang kondisi liungkungan, peseteruan warga, keberadan tambang dan dampaknya pada situasi sosial masyarakat, kebijakan dan respon pejabat pemerintah, serta jalur dagang warisan kolonial melalui penelusuran sejumlah arsip sejak tahun 1818. • penyelenggara: Komunitas Gubuak Kopi adalah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok. Kelompok ini berdiri pada tahun 2011, befokus pada pengembangan pengetahuan seni dan media di tingkat lokal, melalui kegiatan lokakarya literasi media, kolaborasi seni lintas disiplin, dan pengarsipan alternatif berbasis komunitas. - informasi: 0813 6543 9027 (Delva) gubuakkopi@gmail.com www.gubuakkopi.id @gubuakkopi • #forumlenteng #gubuakkopi #akumassa #akumassabernas #solokmilikwarga #acara #buku

A post shared by Forum Lenteng (@forumlenteng) on Feb 13, 2018 at 7:43am PST


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed