DetikHot

book

Sukses dengan Buku Puisi, Cyntha Hariadi Rilis Kumcer 'Manifesto Flora'

Jumat, 08 Sep 2017 09:30 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sukses dengan Buku Puisi, Cyntha Hariadi Rilis Kumcer Manifesto Flora Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Penulis Cyntha Hariadi menerbitkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) perdana yang berjudul 'Manifesto Flora'. Peluncuran buku yang berlangsung di ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2017 itu banyak dihadiri oleh pengunjung pameran buku.

Di buku sebelumnya, Cyntha Hariadi menghadirkan tema mengenai pengalaman menjadi seorang ibu. Di karya terbarunya dia menghadirkan eksplorasi tema yang berbeda.



"Tema-tema dalam Manifesto Flora adalah bentuk eksplorasi aku akan banyak hal. Dari kecil, aku nggak berani ngomong sama orang, sukanya sembunyi di balik tirai pintu, nonton, dengar mereka ngobrol. Ketika akhirnya terbiasa menulis, ide-ide ini bermunculan untuk dikembangkan," ujar Cyntha Hariadi di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9/2017).

Lewat 'Manifesto Flora', dia menghadirkan tema alienasi, delusi, trauma, rasisme, cinta, keluarga, dan juga hantu. Buku yang memuat 24 cerpen itu, judulnya pun terbilang unik.

Cyntha Hariadi menuturkan judul 'Manifesto Flora' didapatkan dari editor Gramedia Pustaka Utama. Kata 'manifesto' cenderung maskulin dan 'flora' feminin.



"Covernya juga unik, perempuan usia 14 tahun. Gambar perempuannya langsung melihat ke depan, ini saya dan dengar suara saya. Nggak usah menunduk dan menoleh," lanjutnya.

Sebelumnya, Cyntha Hariadi menerbitkan buku kumpulan puisi 'Ibu Mendulang Anak Berlari' yang menjadi pemenang III Sayembara Manuskrip Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta 2015. Karyanya pula salah satu dari 5 Besar Kusala Sastra Khatulistiwa 2016.


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed