DetikHot

book

Novel 'Into The Water' Paula Hawkins Dikritik Pembaca

Kamis, 27 Apr 2017 12:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Into The Water Paula Hawkins Dikritik Pembaca Foto: Istimewa
Jakarta - Debut Paula Hawkins lewat novel 'The Girl on the Train' pada 2015 lalu menjadi fenomena dunia penerbitan internasional. Novel barunya 'Into the Water' justru mendapatkan reaksi berbeda dan justru dikritik kritikus sastra. Ada apa?

Paula Hawkins yang dikenal sebagai penulis bergenre thriller baru saja merilis novel tersebut di Inggris, pekan lalu. Kritikus sastra yang menulis untuk The Guardian, Val McDermid, mengatakan penjualan bukunya mungkin akan 'besar' tapi kenikmatan membaca thriller dari tulisannya berkurang.

"Saya bingung dengan adanya 11 narasi suara yang ada dalam novel Into the Water. Karakter-karakternya sangat mirip, bahkan ketika ada orang pertama dan orang ketiga. Hampir tidak mungkin bisa membedakanya, yang akhirnya terasa seperti monoton dan membingungkan," ujarnya, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (27/4/2017).

Kritikus di The New York Times, Janet Maslin, pun mengatakan hal yang sama.

"Jika The Girl on the Train tampak overplotted dan membingungkan beberapa pembaca, tapi model novel terbaru Paula Hawkins yang sekarang justru tambah membingungkan," tutur Janet Maslin.

"Tujuannya mungkin untuk membangun ketegangan, tapi yang dia capai hanyalah kebingungan. 'Into the Water' dipenuhi dengan banyak karakter serta cerita kecil yang tidak ada artinya," terang dia.

Novel 'Into the Water' mengisahkan tentang seorang ibu tunggal yang ditemukan meninggal dunia di sungai. Awal musim panas tahun lalu, remaja perempuan juga mengalami nasib yang sama. Ternyata, para korban itu bukanlah yang pertama mengalami nasib tragis di sungai yang berwarna hitam tersebut.

Saat ini novel 'Into the Water' mendapatkan rating 3,8 dari 5 di Goodreads.

Baca Juga: Merayakan 89 Tahun Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih


(tia/ken)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed