detikHot

art

Lukisan Caravaggio yang Ditemukan di Loteng Terjual Rp 2,4 T

Kamis, 27 Jun 2019 10:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: AP Photo Foto: AP Photo
Jakarta - Lama tersimpan di loteng, lukisan Caravaggio yang menghebohkan media sosial kini dibeli kolektor anonim senilai Rp 2,4 triliun. Seorang pembeli asing yang misterius dan anonim membeli karya maestro Italia yang ditemukan 5 tahun lalu.

Lukisannya dilukis pada 1607 dan menggambarkan perempuan dari Alkitab, Judith, yang memenggal kepala Jenderal Asyur Holofernes. Karya berjudul 'Judith and Holofernes' itu rencananya dilelang di Toulouse pada 27 Juni.

"Lukisannya akhirnya dijual secara pribadi kepada pembeli asing," tulis Balai Lelang Marc Labarbe dilansir dari Reuters, Kamis (27/6/2019).



Penjualan pun, lanjut dia, dilindungi oleh perjanjian kerahasiaan mengenai harga dan identitas pembeli.

"Lukisannya segera meninggalkan Prancis tapi akan dipajang di 'museum besar' yang tidak disebutkan namanya," ucapnya lagi.

Lukisannya disimpan di loteng selama 100 tahun lamanya. Pada 2014, seorang pemilik rumah di Toulouse tengah menyelidiki kebocoran di loteng kediamannya ketika baru mengetahui adanya lukisan tersebut.

Setelah penemuan yang menghebohkan dunia seni, ahli seni pun meneliti dan membuktikan keasliannya dalam kondisi yang sangat baik. Sebelumnya lukisan serupa juga diketahui dilukis sekitar tahun 1600 silam dan kini dipajang Istana Barberini di Roma.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed