detikHot

art

Rekor! Lukisan Monet 'Meules' Terjual Rp 1,5 T dalam 8 Menit

Kamis, 16 Mei 2019 13:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Rekor! Lukisan Monet Meules Terjual Rp 1,5 T dalam 8 Menit Foto: Istimewa Rekor! Lukisan Monet 'Meules' Terjual Rp 1,5 T dalam 8 Menit Foto: Istimewa
Jakarta - Lukisan ciptaan pelukis Prancis beraliran impresionisme, Claude Monet, sukses memecahkan rekor dan terjual dalam waktu 8 menit. Karya berjudul 'Meules' yang merupakan seri 'Haystacks' terjual senilai Rp 1,5 triliun. Wow!

Balai Lelang Sotheby menuturkan lukisan Monet tersebut adalah karya seni impresionis pertama yang terjual di angka lebih dari U$ 110 juta. Itu juga rekor tertinggi bagi karya Monet yang pernah terjual di balai lelang.

"Meules adalah salah satu dari 25 lukisan yang menggambarkan tumpukan gandum yang dipanen milik tetangga Monet di Giverny, Prancis," tulis keterangan Sotheby, dilansir dari Reuters, Kamis (16/5/2019).



Lukisannya dipuji oleh para pencinta seni karena mampu menangkap cahaya pada subyeknya. Serta berpengaruh pada gerakan impresionis.

Awalnya lukisan tersebut diakuisisi oleh sosialita asal Chicago yang membeli dari dealer Monet di tahun 1890-an. Selama itu pula, lukisan Monet berada di keluarga kolektor tersebut sampai dijual di tahun 1986.

Saat itu lukisan 'Meules' Monet dijual dengan angka U$ 2,53 juta atau sekitar Rp 36,5 miliar. Sampai sekarang rumah lelang Sotheby masih merahasiakan siapa kolektor yang membelinya.

Namun saat pelelangan lukisannya terjual dalam waktu 8 menit. Kolektor yang membelinya pun mengalahkan lima penawar lainnya.

(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com