detikHot

art

Orba dan Wajah Soeharto Kala Muda di Patung Ciptaan Seniman Heri Dono

Sabtu, 04 Mei 2019 17:50 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (Agnes/detikHOT) Foto: (Agnes/detikHOT)
Jakarta - Heri Dono dikenal sebagai seniman kontemporer berpengaruh Tanah Air. Di salah satu patung ciptaannya, ada wajah Soeharto yang berdiri di atas karyanya. Bagaimana ceritanya?

Patung-patung berbentuk kambing namun memiliki sayap dan menjulurkan lidahnya itu berjudul 'Riding the Tigerish Goat'. Soeharto dengan topi berbeda dan berusia muda khusus diciptakan Heri Dono di tahun 2014.

Seniman asal Yogyakarta itu menceritakan karyanya terinspirasi ketika era Orde Baru dan kala Soeharto masih muda.


"Saya sengaja mengganti 'tiger' dengan 'kambing', karena menurut saya ada pengkambing hitaman. Seakan-akan yang salah ada di masyarakat dan saat itu yang dibunuh banyak sekali," ujar Heri Dono ketika menceritakan pada awak media di Sheraton Grand Jakarta, Gandaria City Hotel, kemarin.

Dalam karyanya, ia melanjutkan, kambing bermetaformosisi menjadi manusia. Heri Dono juga meletakkan penggambaran ada banyak senjata yang berbeda.

"Ini tentang situasi Orba yang kalau di negara maju sebenarnya kesalahan masa lalu dimonumenkan agar tidak terjadi kesalahan lagi di masa mendatang. Misalnya saja seperti di Jerman, ada Monumen tentang kekejaman Nazi, dan lain-lain," cerita Heri Dono.

Orba dan Wajah Soeharto Kala Muda di Patung Ciptaan Seniman Heri DonoFoto: (Agnes/detikHOT)



"Di sini (Indonesia) seperti tidak ada keterbukaan, tertutup sampai sekarang. Ini kritik saya terhadap kondisi saat itu," tukasnya.

Di Art Moments Jakarta, Heri Dono menghadirkan tiga karya instalasi dan dua lukisan. Art fair berlangsung pada 3-5 Mei 2019.
(tia/doc)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed