DetikHot

art

Sketsa Nelson Mandela saat Mendekam di Penjara Dilelang Rp 1,3 M

Senin, 15 Apr 2019 10:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sketsa Nelson Mandela saat Mendekam di Penjara Dilelang Rp 1,3 M Foto: DW (News)
Jakarta - Nelson Mandela dikenal sebagai politikus asal Afrika Selatan sekaligus sosok revolusioner antiapartheid. Sketsa-sketsa ciptaannya yang dibuat saat mendekam di penjara dilelang senilai Rp 845 juta hingga Rp 1,3 miliar.

Pada 2002, Mandela diketahui gemar menggambar sebagai kegiatan terapi ketika mendekam di penjara. Salah satunya adalah gambar pintu sel Robben Island dengan kunci di dalamnya sebagai simbol harapan.

Kini rumah lelang Bonhams, London, bakal melelang salah satu dari 22 sketsa Mandela. Sementara 10 dari gambar Mandela yang direproduksi sebagai litograf, dananya akan dikumpulkan untuk Yayasan Mandela.



Putri Mandela, Makaziwe, dilansir dari Guardian, menuturkan aktivitas melukis adalah cara bagi ayahnya untuk bersantai.

"Pekerjaan ini memiliki arti penting baginya karena merupakan pengingat, dia tidak bisa melupakan apa yang tampaknya tak terlupakan dan dia tidak boleh mengambil kebebasan begitu saja," ujarnya.

Nelson Mandela mendekam di penjara selama 27 tahun di Pulau Robben lalu di Penjara Pollsmoor dan Victor Verster. Ia berada di sel nomor 5 dan kerap dikunjungi oleh Bill Clinton hingga Barack Obama.

Rencananya sketsa-sketsa Mandela akan dijual di New York pada 2 Mei mendatang. Ini pertama kalinya karya Mandela muncul di balai lelang AS.


(tia/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed