detikHot

art

Dari Venesia, 'Elevation' Andra Martin Berlabuh di Museum MACAN

Jumat, 12 Apr 2019 18:31 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Karya seni arsitektur 'Elevantion karya Isandra Martin Ahmad atau akrab disapa Andra Martin kini berlabuh di Museum MACAN. Sebelumnya karya tersebut dipamerkan di pameran seni arsitektur La Biennale di Venesia yang ke-16 tahun lalu.

Pengunjung akan terpukau dengan karya setinggi 5 meter yang berada di area taman patung museum. 'Elevation' menjadi salah satu karya yang dipajang dalam pameran seni 'Matter and Place' yang dibuka untuk umum pada 13 April-21 Juli 2019.

Dari bagian depan karya, pengunjung sudah bisa melihat anyaman rotan 7 motif salah satunya dari suku Dayak di Kalimantan. Karyanya memang terbuat dari anyaman rotan yang mengelilingi tangga spiral dari kayu jabon (jenis kayu yang dikembangkan untuk industri kayu).

Dari Venesia, 'Elevation' Andra Martin Berlabuh di Museum MACANFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Pengunjung bisa menjelajah ke dalam karya dan melihat 9 rumah tradisional Indonesia. Ada Rumah Joglo dari Jawa, Honai dari Papua, rumah dari Waerebo Flores, dan lain-lain.

Andra Martin mengaku senang akhirnya bisa membawa 'Elevation' ke Jakarta.

"Sebetulnya saya memang senang 'Elevation' bisa diperlihatkan di Indonesia karena menurut saya ini adalah sharing saya sebagai arsitek ke dunia. Mudah-mudahan bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia," ujar Andra Martin saat jumpa pers di Museum MACAN, AKR Tower, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Jumat (12/4/2019).



'Elevation' tak hanya menjadi karya seni instalasi arsitektur saja, Andra Martin menyebut karyanya penuh makna. "Indonesia punya sejarah atau kekayaan budaya tentang arsitektur dan salah satu kekayaannya adalah keterampilan menganyam. Ini digabungkan jadi satu," ujarnya.

Tak hanya pengalaman untuk merasakan sensasi dalam karya arsitektur, tapi ia juga menegaskan nantinya bakal ada pengalaman X,Y, dan juga Z.

"Diharapkan masuk ke dalam tidak hanya melihat sebuah pameran seni saja tapi juga mengalami ruang dari kantor Andra Martin," tukas dia.

Selain Andra Martin, pameran 'Matter and Place' juga menampilkan karya dari perupa asal Malaysia Shooshie Sulaiman. Serta karya perupa Danh Vo, FX Harsono, Genevieve Chua, dan Theaster Gates. Eksibisi berlangsung hingga 21 Juli 2019 mendatang.
(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed