detikHot

art

Aneh! Patung Raja Spanyol Senilai Rp 3,2 M Dipajang Lalu Bakal Dibakar

Jumat, 01 Mar 2019 11:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau Anda membeli patung Raja Spanyol Felipe yang setinggi 4 meter, Anda harus setuju untuk membakarnya. Patung senilai Rp 3,2 miliar itu memang ditujukan untuk sebuah pertunjukan di pameran seni.

Terbuat dari kayu dan lilin, patung berjudul 'Ninot' dipajang dalam sebuah perayaan tradisional di kota Valencia. Karyanya menggambarkan seorang raja berusia 51 tahun dengan mengenakan setelan jas dan dasi biru tua.

Patungnya dipajang di pameran seni ARCO di Madrid. Perjanjian penjualan adalah kalau ada kolektor yang membelinya, maka harus mau membakar karya tersebut dalam waktu satu tahun. Lalu memfilmkannya sebagai sebuah pertunjukan.



Juru bicara galeri seni Italia mengatakan patung karya pasangan seniman Spanyol, Santiago Sierra dan Eugenia Merino menegaskan, kolektor yang membeli bukan sebuah obyek tapi proses.

"Setelah terbakar, satu-satunya yang tersisa dari patung adalah tengkorak," ujar juru bicara, dilansir dari Reuters, Jumat (1/3/2019).

Seorang kolektor seni, Nena von Stumm melihatnya sebagai sebuah pertunjukan layaknya Banksy. "Saya menganggap ini bukan kebodohan. Tapi pertunjukan dari sesuatu yang berlaku saat ini dalam seni," kata dia.


(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com