DetikHot

art

Penampakan Lukisan Rp 6,5 T Milik Pangeran Saudi yang Hilang

Senin, 26 Nov 2018 14:54 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Penampakan Lukisan Rp 6,5 T Milik Pangeran Saudi yang Hilang Foto: Getty Images
Jakarta -

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman kehilangan lukisan Leonardo Da Vinci. Lukisan yang disebut-sebut sebagai yang termahal di dunia itu dibeli dengan harga US$ 450,3 atau Rp 6,5 triliun.

Saat membeli, Pangeran Mohammed bin Salman berniat memajang lukisan itu di Louvre Abu Dhabi. Kabarnya, lukisan itu akan bisa dinikmati publik mulai 18 September 2018.

Foto: Getty Images

Namun hingga kini, lukisan itu belum juga tampil di depan publik. Hingga kemudian dikabarkan hilang alias tidak diketahui keberadaannya.

Lukisan Leonardo da Vinci itu diberi judul Salvator Mundi. Menampilkan Yesus Kristus yang mengenakan pakaian biru dengan aksen merah di bagian dada.

Tangan kirinya terlihat memegang bola kristal semetara tangan kanannya terlihat terangkat dengan posisi seperti finger cross. Ukuran lukisan itu tidak terlalu besar.

Mohammad bin Salman membeli lukisan itu pada November 2017. Dulunya, lukisan ini dianggap hanya salinan karya Leonardo Da Vinci oleh muridnya, Giovanny Antonio Baltraffio.

Karena dianggap bukan asli, lukisan itu hanya laku US4 58 saat dilelang pada 1958.

Namun pada 2011, para ahli mengesahkan bahwa lukisan itu memang karya asli Leonardo Da Vinci.

Sejak dibeli sang pangeran Arab Saudi, lukisan berusia 500 tahun itu dibawa ke tempat rahasia. Tidak ada orang luar kerajaan yang mengetahui keberadaannya.

Foto: Getty Images

Dan karena tidak segera muncul di museum, kolektor seni dan konservator Dianne Dwyer pun bertanya ke pihak museum Louvre Abu Dhabi mengenai keberadaan lukisan tersebut.

Namun hingga kini belum ada jawaban soal itu.




(ken/nkn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed