DetikHot

art

Lukisan Langka Raden Saleh akan Dilelang Rp 26 M di Hong Kong

Senin, 24 Sep 2018 17:49 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Langka Raden Saleh akan Dilelang Rp 26 M di Hong Kong Lukisan Raden Saleh Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Lukisan-lukisan karya Raden Saleh selalu menarik perhatian para pecinta seni. Karya langka dari pionir seni modern Indonesia yang berjudul 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' bakal dijual di Balai Lelang Christie's Hong Kong dengan angka prediksi awal Rp 26 miliar pada November mendatang.

"Lukisan Raden Saleh ini sebelumnya berada di tangan kolektor pribadi asal Singapura dan menjadi highlight pelelangan kami di season ini," ujar Junior Spesialist, Southeast Asian Art Asian 20th Century & Contemporary Art Departement Christie's, Vanessa Singgih Pranoto saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Salah satu dari lukisan langka pria yang bernama lengkap Raden Saleh Sjarif Boestaman sebelumnya pernah dipamerkan di 'Between Worlds: Raden Saleh & Juan Luna' di Galeri Nasional Singapura pada 16 November 2017-11 Maret 2018. Lukisannya juga masuk dalam buku yang ditulis oleh Dr.Werner Kraus yang meriset tentang karya Raden Saleh.


Lukisan Raden Saleh 'Megamendung' Dilelang Rp 26M, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Lukisan yang dilelang oleh Balai Lelang Chistie's merupakan salah satu dari tiga lukisan langka dengan subject 'Megamendung'. Dua lukisan lainnya berada di Museum MACAN Jakarta yang menjadi koleksi dari Haryanto Adikoesoemo dan satu karya lagi berada di Ehrenburg Castle, Coburg, Jerman.

"Seperti yang diketahui, lukisan Raden Saleh amat sangat spesial. Untuk dapetkan karya Raden Saleh itu saja sangat jarang, karena dimiliki private collection dan karena itu pula orang mau jual kan juga sayang," lanjut Vanessa.




Sebelum dilelang di Hong Kong November mendatang, lukisan Raden Saleh dan karya lainnya bakal diperlihatkan pada publik pada 25-26 Oktober 2018 di Grand Hyatt Jakarta. Dilanjutkan dengan memboyong seluruh koleksi yang akan dijual ke Singapura lalu ke Hong Kong.

"Kesempatan ini amat sangat menarik dan langka untuk dilelang. Kami mengundang siapapun untuk join auction," ujar Vanessa.

Untuk lukisan 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' karya Raden Saleh dijual dengan harga kisaran mulai Rp 26 miliar sampai Rp 38 miliar. Harganya pun bisa melonjak naik tergantung situasi yang terjadi saat itu. "Kita berdoa untuk hasil terbaik saja," pungkasnya.

Sebelum ada nama Affandi dan Hendra Gunawan yang mendunia, Raden Saleh dikenal sebagai pionir seni modern Indonesia dan seniman paling berpengaruh di masanya. Februaru lalu, lukisan Raden Saleh terjual Rp 150 miliar di Balai Lelang Prancis dan dibeli kolektor Indonesia namun nama pembelinya masih menjadi misteri.



(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed