DetikHot

art

Foto Manipulasinya Ditanggapi Jokowi, Ini Kata Agan Harahap

Sabtu, 25 Ags 2018 13:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Foto Manipulasinya Ditanggapi Jokowi, Ini Kata Agan Harahap Foto: (dok.istimewa/agan harahap)
Jakarta - Seniman Agan Harahap menciptakan manipulasi foto anak yang mirip dengan Presiden Joko Widodo. Foto itu pun sempat viral di media sosial beberapa hari ini.

Jokowi pun menanggapi foto viral tersebut lewat akun Instagram resminya @jokowi sejam yang lalu. Menurutnya, aktivitas masa mudanya dihabiskan dengan naik gunung dan pergi ke alam.

Agan Harahap pun tak menyangka karyanya direspons oleh Jokowi. "Ya, nggak nyangkalah," katanya kepada detikHOT, Sabtu (25/8/2018).

Di kalangan art photography, Agan Harahap dikenal lihai memanipulasi foto seleb maupun tokoh terkenal lainnya. Yang teranyar di tahun lalu ia membuat foto Ahok dan Habib Rizieq tengah bersalaman akrab.

Sebelum itu, ia pernah memanipulasi Mike Tyson dan Justin Bieber di dalam sel tahanan, Pamela Anderson di kamar hotel yang dikelilingi oleh polisi, Gordon Ramsay terciduk dengan dua kantong MSG.

Ada juga Kim Jong-Un dan Donald Trump yang seperti akan berciuman, Donald Trump yang mencium pipi Dimas Kanjeng, hingga Angelina Jolie yang berada di kantor polisi Indonesia.

Di antara semua tokoh-tokoh yang pernah diciptakan rekayasanya, Agan menuturkan hanya Jokowi yang sampai membuat klarifikasi. "Yes, cuma Presiden aja," katanya.

Foto anak punk mirip Jokowi itu diposting Agan Harahap pada Kamis (23/8) lalu. Dalam foto yang terkesan lawas dengan narasi yang mengecoh itu Agan ingin mencerdaskan publik.

"Bisa dilihat dari narasinya, punk itu masuk ke Indonesia tahun berapa? Tahun 90-an bukan seperti di dalam narasi foto gue. Tahun 1980-an belum ada anak punk di sini," ujar Agan.

"Saat gue share ke teman-teman gue sebelum upload ke Instagram, banyak yang terkejut juga. Jadi joke juga, karena memang tujuan gue turut serta mencerdaskan bangsa," kata pria kelahiran 1980 tersebut.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui tanggapan Jokowi atas foto punk yang mirip dirinya di sini:

[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed