DetikHot

art

Soal 'Beautifikasi' Anies, Jakarta Harus Punya Kurator Public Art

Kamis, 02 Ags 2018 11:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Soal Beautifikasi Anies, Jakarta Harus Punya Kurator Public Art Soal 'Beautifikasi' Anies, Jakarta Harus Punya Kurator Public Art Foto: Facebook/Achmad Tardiyana
Jakarta - Seni ruang publik atau public art menjadi salah satu elemen terpenting dalam penataan kota. Kehadiran public art di kota sebesar Ibu Kota pastinya akan membawa pengaruh besar menjadi lebih indah.

Achmad Tardiyana atau akrab disapa Kang Apep dikenal sebagai arsitek kenamaan Bandung. Pengajar Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu pun melontarkan kritik terhadap 'beautifikasi' Anies-Sandi.

"Seharusnya ada kurator untuk public art. Bisa dipilih beberapa orang yang berkompeten di bidangnya. Jadi nggak sembarangan," ujar pria yang akrab disapa Kang Apep kepada detikHOT.



Kurator-kurator yang dipilih oleh tim pemerintah, lanjut Kang Apep, semestinya punya otoritas peran dalam seni di ruang publik kota. Contohnya saja jembatan di Antapani Bandung yang digarap atas kerjasama Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama seniman dan komunitas-komunitas.

"Kurator public art nantinya akan melibatkan seniman dan mungkin saja warga untuk berpartisipasi," tuturnya.

Dewan Kesenian Jakarta pun bisa dilibatkan sebagai penyambung antara pemerintah dan komunitas seni. "Bisa seharusnya sih ya, kan Dewan Kesenian Jakarta. Dan seharusnya tidak menjadi ramai sampai muncul meme, jangan sampai terjadi begitulah," pungkas Kang Apep.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed