DetikHot

art

Digelar Agustus, Art Jakarta 2018 Rayakan Satu Dekade

Kamis, 12 Jul 2018 14:32 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Digelar Agustus, Art Jakarta 2018 Rayakan Satu Dekade Digelar Agustus, Art Jakarta 2018 Rayakan Satu Dekade Foto: (Agnes/detikhot)
Jakarta -

Art fair terkemuka di Indonesia Art Jakarta (dahulu bernama Bazaar Art Jakarta) kembali diselenggarakan tahun ini. Hadir lebih spesial, Art Jakarta akan merayakan satu dekade kiprahnya di Indonesia pada tanggal 2-5 Agustus mendatang.

Menandai 10 tahun perjalanan Art Jakarta, platform ini menampilkan dimensi baru seni Indonesia dan berkolaborasi dengan pelaku seni lokal serta mancanegara. Lebih dari 50 galeri seni dunia dan Tanah Air bakal berpartisipasi meramaikan.

Acara tahunan ini pun yang paling dinantikan oleh pecinta seni. Deputy Head of Committee Art Jakarta Ria Lirungan mengatakan sejak awal berdiri 2009 lalu, Art Jakarta berusaha menjadi melting pot bagi seniman, galeri, maupun publik.



"Waktu awal ngadain ini, kalau ngomong soal kolektor memang banyak di Indonesia, tapi di masa itu awareness seni rupa belum sampai sekarang, berjalannya waktu kami juga memperbaiki art fair kami bagi pecinta seni rupa. Kualitas juga ditingkatkan di level internasional," ujarnya saat jumpa pers di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Kamis (12/7/2018).

Digelar Agustus, Art Jakarta Rayakan Satu Dekade Foto: (Agnes/detikhot)



Jakarta pun, lanjut dia, diharapkan menjadi salah satu kota yang didatangi pecinta seni karena art fair yang diselenggarakan. Sama seperti Hong Kong, Korea, dan Jepang.

"Kita memang belum bisa menyaingi Art Basel. Tapi ini adalah art fair yang sesuai kapasitas kita. Kami melakukan sosialisasi seni rupa lewat pendekatan lifestyle," lanjutnya.



Fair Consultant Art Jakarta Gil Schneider menuturkan pihaknya juga ingin membawa Art Jakarta ke level berikutnya. "Kita sudah mendiskusikan bagaimana event ini menjadi lebih baik. Melihat traffic flow juga yang ada di art fair. Dari konten, apa yang galeri tunjukkan, program yang terintegrasi dengan publik, dan lain-lain," ungkap Gil.

Bertemakan 'Celebrating the First Decade of Art Jakarta, ada fokus utama yakni '10 for 10'. Yakni 10 karya seni instalasi dengan konsep museum show menurut perspektif ke-10 seniman.

Di antaranya adalah Kemal Ezedine, Yani Mariani, Agus Suwage, Syahgini Ratnawulan, Bagus Pandega, Uji 'Hahan' Handoko, Eddi Susanto, Heri Dono, Theresia Agustina S Tere, dan
Cinanti Astria Johansyah.

Selain itu akan ada spesial perfomans dari flying ballons pulpet, program Japan Art Now, Art Gram, Creative Classical by Canada Art Space, pelelangan, dan lain-lain.

Para penikmat seni bisa menikmati lebih dari seribu karya seni dari 300 seniman di 51 galeri pada 3-5 Agustus 2018 di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed