DetikHot

art

Rekor Dunia! Sketsa 'Winnie the Pooh' dari Tahun 1926 Terjual Rp 8,2 M

Rabu, 11 Jul 2018 16:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rekor Dunia! Sketsa Winnie the Pooh dari Tahun 1926 Terjual Rp 8,2 M Rekor Dunia! Sketsa 'Winnie the Pooh' dari Tahun 1926 Terjual Rp 8,2 M Foto: Reuters
Jakarta - 'Winnie the Pooh' tetap menjadi karakter yang paling disukai sepanjang masa. Sketsa original 'Winnie the Pooh' karya ilustrator EH Shepard di tahun 1926 berhasil terjual di Balai Lelang dengan angka fantastis.

Sketsa yang memuat peta asli dari Hundred Acre Wood itu berhasil malampaui rekor dunia senilai Rp 8,2 miliar. Awalnya karya tersebut dimiliki oleh kolektor pribadi dan hampir tak terlihat selama hampir 50 tahun lamanya.

Dideskripsikan oleh Christopher Robin, gambar peta ini penuh dengan kesalahan ejaan dan terdapat tulisan 'Digambar oleh saya dan Tuan Shepard'.



Sebelumnya terjual dengan angka Rp 8,2 miliar, Rumah Lelang Sotheby London itu awalnya memperkirakan harganya dibanderol Rp 1 hingga Rp 1,5 miliar.

Spesialis senior Sotheby di departemen buku Philip Errington mengaku senang dengan hasil penjualan tersebut.

"Ini mencerminkan fakta bahwa orang-orang jatuh cinta dengan karya AA Milne dan EH Shepard. Peta itu menjadi bagian dunia Winnie the Pooh bersama teman-temannya," tuturnya dilansir dari Guardian.

Di berbagai rumah lelang, ilustrasi EH Shepard termasuk langka dijual. EH Shepard sendiri pernah menjualnya di tahun 1920-an, setelah itu hampir menghilang dari pasaran.

"Yang terpenting sekarang adalah ilustrasinya belum ada di pasar selama 50 tahun," kata dia.

Sebelumnya, ilustrasi EH Shepard 'Poohsticks Bridge' yang menggambarkan Christopher Robin dan beruangnya terjual di Sotheby dengan harga Rp 6 miliar pada 2014. Gambar yang ada di buku 'The House of Pooh Corner itu' tersimpan selama 40 tahun lamanya.



(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed