detikHot

art

Art Dealer Belanda Temukan Lukisan Rembrandt yang Hilang 44 Tahun Lalu

Jumat, 18 Mei 2018 10:24 WIB Tia Agnes - detikHot
Art Dealer Belanda Temukan Lukisan Rembrandt yang Hilang 44 Tahun Lalu Foto: Reuters Art Dealer Belanda Temukan Lukisan Rembrandt yang Hilang 44 Tahun Lalu Foto: Reuters
Jakarta - Seorang art dealer asal Belanda Jan Six menemukan lukisan Rembrandt yang hilang 44 tahun yang lalu. Lukisan yang awalnya tidak diketahui nama pelukisnya itu luput dari perhatian pecinta seni selama empat abad lamanya.

Lukisan berjudul 'Potrait of a Young Gentleman' dilukis sekitar tahun 1634 silam. Di balai lelang London pada 2016 lalu, ia mencoba untuk menawarnya senilai $ 185.000. Pada 1974, lukisannya pernah muncul juga di Amsterdam selama sebulan.

Saat membelinya, ia tidak tahu bahwa karyanya adalah ciptaan Rembrandt. Dengan pengetahuan tentang seniman dan periode, ia memperhatikan jenis kerah yang dikenal oleh subyek lukisan.



Kerah baju yang dipakai berada dalam mode untuk waktu singkat sekitar 1633 dan dicat dengan gaya Rembrandt di masa itu. Kemudian seorang ahli Flemish menghabiskan waktu 18 bulan lamanya dengan menggunakan teknik sinar X dan analisis sapel cat untuk membuktikan kalau Six membeli lukisan Rembrandt yang asli.

Ia pun berhasil mendapatkan dukungan lebih dari 12 ahli Rembrandt. Termauk mantan pemimpin Proyek Penelitian Rembrandt yang menghabiskan waktu setahun untuk memverifikasi keasliannya.

"Melihat semua pakar setuju untuk membuktikan kalau saya membeli lukisan Rembrandt yang asli. Saya benar-benar lega," ujar Six dilansir dari Reuters, Jumat (18/5/2018).

Meski selama 44 tahun menghilang peredarannya, Six merasa lukisannya memang karya Rembrandt. "Saya begitu yakin karena masa kecil saya dihabiskan dengan karya-karya seni klasik Belanda termasuk potret Rembrandt dari salah satu leluhur saya," tandasnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com