DetikHot

art

ISI Yogyakarta Tempati Ranking 17 Dunia Bidang Performing Arts

Selasa, 15 Mei 2018 15:40 WIB  ·   Usman Hadi - detikHOT
ISI Yogyakarta Tempati Ranking 17 Dunia Bidang Performing Arts Ali Ghufron menjadi pembicara seminar di ISI Yogyakarta, Selasa (15/5/2018). Foto: Usman Hadi
Bantul - Siapa sangka Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta berhasil menempati ranking nomor 17 dunia di bidang seni pertunjukan atau performing arts. Hal tersebut merujuk hasil QS World University yang dikeluarkan tahun ini.

"ISI Yogyakarta peringkat 17 dalam QS World University Ranking by Subject Performing Arts 2018," jelas Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron, Selasa (15/5/2018).

Hal tersebut disampaikan Ali saat menjadi pembicara seminar nasional 'Perguruan Tinggi Seni di Era Digital' di Concert Hall ISI Yogyakarta. Seminar ini adalah bagian dari kegiatan Dies Natalis ke-34 ISI Yogyakarta.



Ali menerangkan, selama ini pemerintah telah menggelontorkan anggaran besar kepada sejumlah perguruan tinggi seperti UGM, UI, ITB, dan ITS. Tujuannya agar perguruan tinggi tersebut semakin berkualitas dan diakui dunia.

Namun ternyata, prestasi justru diperlihatkan sejumlah institut seni di Indonesia. Seperti ISI Yogyakarta yang menempati peringkat 17 dunia di bidang seni pertunjukan.

"ISI (Yogyakarta) sudah masuk 17 ranking dunia, luar biasa. ISI Solo itu masuk ranking 43, bayangkan. Masih jauh sama ISI Yogyakarta, tapi (ranking ISI Solo) lumayan juga," ungkapnya.

Ali menyayangkan masih banyak masyarakat di Indonesia tidak mengetahui prestasi yang diukir ISI Yogyakarta dan ISI Solo. Padahal keduanya telah menunjukkan kepada dunia prestasi gemilang di bidang performing arts.

"(Saya) agak sedikit prihatin banyak bangsa kita nggak tahu, masyarakat kita tidak tahu kalau ISI Yogyakarta ranking 17 dunia," tutupnya.


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed