DetikHot

art

Lukisan Fenomenal 'Kristus' Leonardo da Vinci Dilelang Rp 1,3 Triliun

Kamis, 12 Okt 2017 14:57 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Fenomenal Kristus Leonardo da Vinci Dilelang Rp 1,3 Triliun Lukisan Fenomenal 'Kristus' Leonardo da Vinci Dilelang Senilai Rp 1,3 Triliun Foto: Reuters
Jakarta - Leonardo da Vinci dikenal sebagai pelukis 'Mona Lisa' yang fenomenal sampai sekarang. Kini lukisan terakhir dari da Vinci yang tak kalah fenomenal dari 'Mona Lisa' akan dijual di Balai Lelang Christie senilai Rp 1,3 triliun.

Berjudul 'Salvator Mundi', lukisan potret Yesus Kristus diprediksi berusia ratusan tahun. Lukisannya dijual bersama dengan 20 lukisan dari seniman Renaisans lainnya pada November mendatang.

Lukisannya pun dianggap menjadi karya seni paling tinggi yang pernah dijual di pelelangan. Spesialis Balai Lelang Christie Alan Wintermute mengatakan potret yang akan dijual itu tadinya dikira sudah hancur.



"Lukisannya pertama kali tercatat dalam koleksi pribadi Raja Charles 1 dan pernah dilelang tahun 1763 silam sebelum menghilang awal tahun 1900-an," ujarnya dilansir dari Reuters, Kamis (12/10/2017).

Potretnya menggambarkan tentang Kristus dengan jubah biru dan merah terang yang memegang bola kristal. Saat itu, gambar Kristus kerap dilukis oleh seniman-seniman Renaisans lain.

Perjalanan lukisan Leonardo da Vinci tak berhenti sampai di tahun 1900 saja. Pada 1958, lukisannya terjual di Balai Lelang Sotheby dengan harga 45 poundsterling, terjual lagi pada 2005. Pemilik baru merestorasinya dan melakukan penelitian selama 6 tahun lamanya.

Baru di tahun 2011, lukisannya dipamerkan ke hadapan publik dan diidentifikasi secara resmi sebagai karya da Vinci. Lukisan 'Salvator Mundi' dijual di Balai Lelang Christie New York pada 15 November mendatang.




(tia/dar)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed