DetikHot

art

Pertunjukan Agung 'Leak' Kurniawan Tutup OK.Video 2017 Malam Ini

Rabu, 16 Ags 2017 15:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pertunjukan Agung Leak Kurniawan Tutup OK.Video 2017 Malam Ini Pertunjukan Agung 'Leak' Kurniawan Tutup OK.Video 2017 Malam Ini Foto: OK.Video Indonesia Media Arts Festival 2017
Jakarta - Festival dua tahunan 'OK.Pangan: OK.Video Indonesia Media Arts Festival 2017' mencapai bagian akhir. Malam ini, seniman Agung 'Leak' Kurniawan akan mementaskan pertunjukan 'Masya Allah Transgenik'.

Di seni performans ini Agung Leak menggunakan tradisi masyarakat Jawa atau selamatan untuk melibatkan pengunjung. Ada isu yang sengaja dihadirkan Agung di pementasan ini, yakni persoalan makanan transgenik (bioteknologi pangan).

Dikutip dari akun resmi OK.Video Festival, nantinya pengunjung yang hadir diminta mengikuti doa makan yang dibawakan dalam format adzan dengan naskah pidato Presiden Sukarno di tahun 1952, tentang kedaulatan pangan di Indonesia.



"Lewat doa dan makan bersama, para hadirin secara tidak sadar telah menjadi bagian dari sebuah pertunjukan seni," tulis keterangan OK.Video Festival, seperti dikutip detikHOT.

Seteah memanjatkan doa bersama, pengunjung disajikan makanan seperti tempe. Bahan baku dari tempe telah dipatenkan dan dikontrol oleh perusahaan bioteknologi transnasional dengan dalih feed the world.

Di tahun 2003, Agung Leak dan Yustina Neni mendirikan sebuah galeri, restoran, dan ruang seni performans yang bernama Kedai Kebun Forum. Saat ini, Agung Leak menjabat sebagai direktur Indonesia Visual Art Archive (IVAA), yang mengolah arsip dari kegiatan serta penelitian seni rupa.

Penutupan OK.Video Indonesia Media Arts Festival 2017 digelar di Hall B, Gudang Sarinah Ekosistem (GSE), pada 16 Agustus pukul 19.30 WIB.


(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed