detikHot

art

Rayakan Hari Jadi ke-40, Teater Koma Pentaskan Lakon 'Warisan

Rabu, 26 Jul 2017 18:40 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Tahun ini menjadi momen bersejarah bagi Teater Koma yang berusia 40 tahun. Sukses mementaskan lakon berjudul 'Opera Ikan Asin' pada Maret lalu, kini Teater Koma akan menggelar pertunjukan yang berjudul 'Warisan'.

Saksikan video 20detik mengenai Teater Koma di sini:


Produksi ke-149 itu merupakan naskah baru yang ditulis oleh Nano Riantiarno. Sutradara sekaligus salah satu pendiri Teater Koma mengatakan naskahnya ditulis mulai empat bulan lalu.

"Saya rasa naskahnya cocok dimainkan saat ini sekaligus merayakan hari jadi kami yang ke-40 tahun. Dan masih sangat relevan dipentaskan, meski saya menulisnya tidak tahu dengan banyak kejadian yang terjadi saat ini," kata Nano Riantiarno saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Rabu (26/7/2017).


Lakon 'Warisan' menceritakan tentang sebuah panti wedha yang dulu merupakan kebanggaan kota. Kaum tua dan terlantar ditampung di panti tersebut, banyak orang yang menyumbang secara sukarela. Delapan tahun kemudian, panti wedha itu berubah. Mereka mulai menampung orang-orang kaya yang mampu membayar mahal.

Tembok pemisah antara orang kaya dan miskin pun dibangun. Di tempat orang kaya, ada penulis terkenal yang mencari ilham, ada percintaan hingga bahan diskusi politik yang menjadi pembahasan. Di sisi lain, orang miskin makin tidak terawat. Ada yang pindah ke panti lain tapi ada juga yang bertahan pasrah.

"Ada banyak hal yang dibahas orang-orang tua saat berada di panti jompo. Persoalan negara, penulis yang susah cari ilham. Ada juga seorang kakek yang ada di panti jompo dan dibiayai oleh anak sulungnya. Padahal anak sulungnya korupsi," tambah Nano.

Pementasan 'Warisan' didukung oleh Idris Pulungan, Budi Ros, Ratna Riantiarno, Rita Matu Mona, Ohan Adiputra, Daisy Lantang, Elly Luthan, Dorias Pribadi, Raheli Dharmawan, Ratna Ully, Tuti Hartati, Bayu Dharmawan, Sir Ilham Jambak, Rangga Riantiarno, Netta Kusumah Dewi, Julung Ramadan, dan lain-lain.

Pertunjukan ini digelar pada 10-20 Agustus selama 10 hari berturut-turut pukul 19.30 WIB di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) kecuali hari Minggu dan libur nasional digelar pukul 13.30 WIB.


(tia/mah)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com