detikHot

art

Pentas Wayang Bocor 'Semelah (God Bliss)' akan Kunjungi 3 Kota

Rabu, 21 Jun 2017 11:57 WIB Tia Agnes - detikHot
Pentas Wayang Bocor Semelah (God Bliss) akan Kunjungi 3 Kota Foto: Gogor Seta Dewa/ ARS Management Pentas Wayang Bocor 'Semelah (God Bliss)' akan Kunjungi 3 Kota Foto: Gogor Seta Dewa/ ARS Management
Jakarta - Sukses dipentaskan di Amerika Serikat pada Januari lalu, pertunjukan wayang bocor 'Semelah (God Bliss)' akan menyambangi tiga kota di Indonesia. Tur pertunjukan digelar di Yogyakarta, Riau, dan terakhir mengunjungi ibu kota.

Informasi tersebut diumumkan lewat akun resmi @wayangbocor, kemarin.

"Jangan lupa, tonton pertunjukan Wayang Bocor Semelah (God Bliss) pada: tanggal 7 & 8 Juli di Gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta. Tanggal 11 & 12 Juli di Riau. Tanggal 14 Juli di @Amerika (Jakarta), tanggal 16 & 17 Juli di Teater Kecil-TIM, Jakarta," tulis @wayangbocor, seperti dikutip detikHOT, Rabu (21/6/2017).



'Semelah' adalah wayang kontemporer yang menggunakan wayang bocor. Eko Nugroho pertama kali membuatnya di tahun 2008. Wayang bocor merupakan modifikasi dari tokoh wayang tradisional untuk menyajikan cerita Ramayana dan Mahabharata.

Pentas Wayang Bocor 'Semelah (God Bliss)' akan Kunjungi 3 KotaPentas Wayang Bocor 'Semelah (God Bliss)' akan Kunjungi 3 Kota Foto: Gogor Seta Dewa/ ARS Management


Dalam pementasannya, bayangan setiap wayang tampil kontras dengan layar putih serta lampu khusus. Eko juga menampilkan sisi estetika visualnya dengan lukisan, patung, gambar, karya bordir, maupun animasinya.

Dia pun mengkombinasikan antara dagelan, ketoprak, pewayangan, dan juga dangdut. Wayang bocor ditampilkan lebih dinamis dari bentuk tradisional. Dalang bukan orang yang muncul di depan, tapi juga bisa sebagai kru, narator yang memandu penonton, bahkan aktor yang memainkan peran yang berbeda.

[Gambas:Instagram]



Sampai saat ini harga tiket sudah diumumkan. Untuk tiket di kota Yogyakarta dibanderol Rp 50 ribu dan di Jakarta senilai Rp 75 ribu. Sebelumnya, wayang bocor berlangsung di Asia Society, New York dan Festival Under the Radar di Carolina Utara.




(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed