detikHot

art

Usai Amerika, Wayang Bocor Eko Nugroho Akan Pentas di Honolulu Biennale 2017

Jumat, 27 Jan 2017 10:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Photo by Onix Marconix/ Asia Society Foto: Photo by Onix Marconix/ Asia Society
Jakarta - Sukses menyelenggarakan tur pementasan di Amerika, wayang bocor Eko Nugroho akan tampil di Honolulu Biennale 2017. Nama Eko berada dalam 32 daftar seniman mancanegara yang bakal berpartisipasi.

Akun resmi Eko Nugroho mengumumkannya hari ini. "Proyek berikutnya untuk Honolulu Biennale 2017," tulisnya, seperti dikutip Jumat (27/1/2017).

Festival dua tahunan yang diselenggarakan di Honolulu, Hawai, itu berlangsung selama dua bulan lamanya. Tak hanya seniman yang berasal dari Hawaii, Kepulauan Pasifik, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru saja yang memeriahkan tapi juga dari Asia.

Selain Eko Nugroho, ada nama Yayoi Kusama, Lisa Reihana yang bakal datang ke Venice Biennale tahun ini, Lee Mingwei, dan lain-lain. Para seniman yang dipilih oleh Direktur Kuratorial Fumio Nanjo, Direktur Tokyo Mori Art Museum, dan kurator Ngahiraka Mason, serta kurator Toi o Tāmaki.

Sebelumnya, Eko Nugroho bersama grup wayang bocornya mementaskan pertunjukan berjudul 'Semelah' (Godbliss) di Asia Society, New York dan Festival Under the Radar, Carolina Utara. Wayang bocor pertama kali dibuat Eko pada 2008 lalu. Dalam pertunjukannya, bayangan setiap wayang tampil kontras dengan layar putih serta lampu khusus.

Eko juga menampilkan sisi estetika visualnya dengan lukisan, patung, gambar, karya bordir maupun animasi. Wayang bocor pun ditampilkan lebih dinamis, dalang pun juga bisa muncul sebagai kru, narator, dan aktor.

Honolulu Biennale 2017 sendiri diselenggarakan pada 8 Maret sampai 8 Mei mendatang.


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed