detikHot

art

Karya Seniman Indieguerillas Ada di Terminal Kedatangan Domestik

Kamis, 16 Jun 2016 17:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Indieguerillas Foto: Indieguerillas
Jakarta - Selain fotografer Jay Subiyakto dan perupa I Nyoman Nuarta, seniman asal Yogyakarta Indieguerillas ikut terpilih memajang karya di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Karyanya ada di bagian kedatangan domestik. Seperti apa?

Ketika dihubungi detikHOT, duo seniman yang digawangi oleh Dyatmiko Lancur Bawono dan Santi Arietyowanti itu menceritakan tentang karyanya.

"Kami membuat 24 panel lukisan dengan total panjang sekitar 17 meter. Judulnya Para Pelipat Jarak yang merupakan catatan kecil kami tentang karakter para pengguna moda transportasi udara di Indonesia," ucap Santi, Kamis (16/6/2016).

Karakter yang dimaksud Santi adalah unsur tradisi lokal namun tidak kalah dengan global. "Benturan ini yang awalnya jadi ide dasar kami dan dituangkan di karya terbaru," tuturnya.

Pasangan suami istri ini dikenal selalu menghadirkan karakter wayang bergaya hip-hop dengan gaya populer. Karyanya yang jenaka kerap kali disukai pecinta seni karena bentuk dimensi dan warna-warna yang tak biasa.

Santi pun menilai project seni dari PT Angkasa Pura II (AP II) yang menggandeng seniman Indonesia dari berbagai kategori seni (rupa, patung, fotografi, dan instalasi) adalah hal positif.

"Kesenian memang seharusnya menjadi milik publk dalam arti luas. Dengan adanya karya-karya yang terpasang di area publik berarti kesempatan bagi publik untuk mengapresiasi seni jadi terbuka lebar," pungkasnya.

Seniman lainnya yang berpartisipasi di Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta, masih ada Eko Nugroho, Angki Purbandono, Nus Salomo, Tromarama, Eddi Prabandono, Pintor Sirait, Awan Simatupang, Ichwan Noor, Nasirun, Galam Zulkifli, dan Sardono W.Kusumo.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com