detikHot

art

Tampil Tak Biasa, Happy Salma Jadi 'Kunci' di Opera Carmen

Minggu, 17 Apr 2016 12:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Happy Salma terbiasa tampil membawakan sebuah pertunjukan monolog maupun teater, tapi bagaimana kalau istri Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa muncul sebuah panggung opera?

Penampilan Happy Salma pun tak biasa dan menjadi berbeda dari pementasan biasanya. Berbalut dress panjang berwarna merah, Happy muncul di panggung Ciputra Artpreneur Theatre saat malam gladi resik Jumat (15/4/2016) malam. Ia mengisahkan pertemuan antara tokoh utama bernama 'Carmen' dengan keadaan kota kecil yang dikenal dengan profesi matador.

Happy yang berperan sebagai penutur atau narator adalah kunci dari opera 'Carmen'. Khususnya bagi penonton yang tidak terlalu mengerti tentang pertunjukan opera.

"Ini pertama kalinya saya bergabung di pertunjukan opera yang bukan budaya kita dan jarang ditampilkan di Indonesia. Saya ingin opera lebih membumi di sini," ucapnya.

Keterlibatan Happy di panggung opera, diakuinya cukup membuat ia deg-degan sekaligus berkunang-kunang. "Akting memang jadi aktivitas dan pekerjaan saya, tapi ketika masuk dalam opera, lumayan ya jadi berkunang-kungan karena ini juga hal baru bagi saya," tuturnya sembari tertawa.

Bermain di panggung opera, juga memiliki kesulitan tersendiri. Happy harus menghapal dialognya dan mengucapkannya sesuai dengan ritme musik agar tidak berbeda. Ditambah para pemain menggunakan dialog bahasa Prancis.

"Jadi sebenarnya saya ini seperti monolog tapi menjelaskan apa saja peristiwa yang bakal ada di adegan berikutnya. Fungsi narator kan seperti itu dan yang saya lakukan jadi hal yang unik. Jadi pembelajaran juga," tandasnya.

Happy Salma adalah aktris Indonesia yang aktif mempopulerkan seni teater. Setelah mendirikan Titimangsa Foundation, sejak 2007, Happy keliling ke sekolah dan kampus-kampus untuk mempopulerkan sastra. 'Inggit' karya Ramadhan KH diadaptasinya jadi pertunjukan monolog yang memperoleh apresiasi dari banyak kalangan.

Sebelumnya, Happy pernah menjadi produser untuk pertunjukan 'Wayang Orang Rock Ekalaya', 'Monolog Tiga Perempuan', dan 'Suara Kartini'. Sedangkan pementasan 'Carmen' masih bisa disaksikan Minggu (17/4) nanti, pukul 16.00 WIB di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com