DetikHot

art

Wayang Orang Kautaman Pentaskan Lakon 'Sotya Gandhewa'

Kamis, 07 Apr 2016 11:36 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Wayang Orang Kautaman Pentaskan Lakon Sotya Gandhewa Foto: Wayang Orang Kautaman
Jakarta - Kelompok Wayang Kautaman kembali menyuguhkan pertunjukan istimewa. Kali ini mengangkat lakon 'Sotya Gandhewa', digelar pada 9-10 April mendatang di Teater Kautaman, Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur.

Pertunjukan ini digelar dalam rangka pentas tahunan, sekaligus merayakan 12 tahun penghargaan yang diberikan kepada Wayang Indonesia pada 2013, sebagai Karya Agung Budaya Dunia oleh UNESCO. "Karya ini menarik karena proses kreatif dan kekiniannya tapi tidak meninggalkan tradisi wayang itu sendiri," ungkap Produser Wayang Kautaman, Ira Surono, dalam keterangan yang diterima detikHOT, Kamis (7/4/2016).

Simak: Kostum, Artistik hingga Make Up Jadi Kemegahan 'Shrek the Musical'

Berbagai sisi digarap secara serius, mulai dari plot, iringan musik (karawitan), busana, dan lain-lain. "Tahun lalu, Wayang Kautaman sukses mementaskan lakon 'Yudhakala Tresna'. Untuk tahun ini kami memilih judul Sotya Gandhewa dari kisah Mahabarata. Persiapannya cukup panjang, sekitar 4 bulan terakhir kami fokus latihan, kurang lebih sudah 30 kali latihan," papar Ira.

Sutradara pagelaran kali ini, Nanang HP, mengungkapkan bahwa 'Sotya Gandhewa' mengangkat kisah Durna, Arjuna, dan Ekalaya yang merupakan tokoh Maha Guru dan ksatria hebat.

"Dari sisi cerita, Sotya artinya mata atau bisa diartikan permata sedangkan Gandhewa artinya busur. Kita akan bicara soal busur panah. Soal ksatria-ksatria yang mengandalkan busur panah," tuturnya.

Ditambahkan, lakon ini digarap dengan mempertimbangkan semua unsur keaktoran dan pola-pola baru yang berbeda dengan wayang tradisi. "Alur dan plotnya menggunakan pendekatan pada alur teater atau drama, iringan musik yang digarap berbeda dari pertunjukan wayang orang biasanya," pungkas Nanang.


(tia/mmu)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed