DetikHot

art

11 Grup Tampil di Festival Wayang 2015

Kamis, 08 Okt 2015 07:50 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
11 Grup Tampil di Festival Wayang 2015
Jakarta -

Museum Seni Rupa dan Keramik kembali menggelar Festival Wayang pada awal Oktober ini. Sebanyak 11 grup Tanah Air berpartisipasi untuk memeriahkannya.

Di antaranya adalah Wayang Kulit Surakarta (Sri Pandi, Wayang Kulit Surakarta (Dias Syawal L.), Wayang Golek Ringkang (Tantan Sugandi), Wayang Kulit Jawa Timuran (Bagus Bagaskoro), Wayang Kulit Yogjakarta (Wahyudi), Wayang Orang Betawi (Sukarlana), Wayang Golek Sunda (Putra Girinata), Wayang Orang Remaja (Teguh Aprianto), Wayang Kulit Banyumas (Buyung), Wayang Orang Bali (Kompyang Raka), dan Wayang Kulit Betawi (Jaya Niin).

Kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa dan Keramik Dyah Damayanti mengatakan festival ini menjadi wadah bagi pelaku seni khususnya dalang untuk mengembangkan kreativitas seninya.

"Mengingat wayang merupakan budaya bangsa yang wajib dilestarikan, diharapkan masyarakat menjadi dekat kembali dan terhibur dengan adanya pertunjukan wayang ini," katanya, Rabu (7/10/2015).

Kini, wayang tidak hanya menjadi tontonan tapi penampilan wayang juga bisa diangkat dari kehidupan sehari-hari. "Pertunjukan wayang juga menjadi hiburan alternatif," lanjutnya.

Festival Wayang akan dilaksanakan selama lima hari berturut-turut mulai dari 7-11 Oktober mendatang di Museum Wayang, Kota Tua, Jakarta Barat.




(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed