DetikHot

art

'Akhir Pekan di Museum' Tampilkan Cerita 3 Pelaut Muda

Senin, 21 Sep 2015 08:37 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Akhir Pekan di Museum Tampilkan Cerita 3 Pelaut Muda Dok.Akhir Pekan di Museum
Jakarta - Pelaut blo'on kembali kesasar di laut. Untungnya ada Kakek Nakhoda yang belajar bagaimana cara membaca bintang dan petir di langit dari pemburu paus serta ikan terbang Nusantara.

Namun, keseruan cerita 'Berbiduk-biduk di Langit, Berlayang-layang di Lautan' yang dipentaskan Teater Koma dengan dalang Budi Ros mampu membuat decak kagum para pengunjung 'Akhir Pekan di Museum'. Melalui media wayang Tavip, kisah yang terinspirasi dari artefak nelayan Nusantara (bubu, alat pancing, dan kapal tradisional), menghadirkan kembali lakon Tiga Pelaut Muda dan Kakek Nelayan.

Pertunjukan yang melalui riset satu hingga dua bulan ini dipentaskan tiga kali akhir pekan lalu. Produser Akhir Pekan di Museum sekaligus pendiri Dapoer Dongeng Yudhi Soerjoatmodjo mengatakan pentas ini sempat vakum selama beberapa bulan.

"Kami hadir lagi sekarang dengan cerita tradisi kemaritiman setelah Mei lalu. Tiga pelaut muda ini akan diceritakan dengan gaya Teater Koma yang kocak," ungkapnya usai pentas di Museum Nasional Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Program 'Akhir Pekan di Museum' ini menjadikan Museum Nasional lebih menaik lagi. "Tentunya orang awam belum tentu memahami koleksi museum yang mati. Tapi cara ini bisa dinikmati dengan lebih menarik," katanya.

'Akhir Pekan di Museum' hadir pada pertengahan 2013 lalu. Setiap akhir pekan, tim 'Akhir Pekan di Museum' bersama Teater Koma mementaskan banyak lakon yang berasal dari koleksi Museum Nasional. Pementasan ini menarik minat masyarakat khususnya warga yang tengah car free day untuk datang berkunjung.

Kepala Museum Nasional Indonesia Intan Mardiana N mengungkapkan jika program museum ini membuat bersaing dengan mall. "Memang ini adalah keinginan kami dan karena itu kami membuat Akhir Pekan di Museum buat keluarga agar menghidupkan benda-benda koleksi yang ada di museum," ungkap Intan.

Pada 27 September, lakon 'Nina Si Bobo Mais Porto' akan membawa penonton kembali ke Nusantara di abad ke-18. Informasi selengkapnya di Facebook Akhir Pekan di Museum atau Twitter @museum_weekend. Jangan sampai ketinggalan ya!


(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed