detikHot

art

16 Penulis Indonesia Terpilih Hadir di Ubud Writers and Readers Festival 2015

Rabu, 06 Mei 2015 10:44 WIB - detikHot
Dewan Kurator Ubud Writers and Readers Festival 2015 Dewan Kurator Ubud Writers and Readers Festival 2015
Jakarta - Usai merayakan 'Saraswati: Pengetahuan dan Kebijaksanaan', Ubud Writers and Readers Festival kembali hadir tahun ini dengan tema yang sama 'Frankfurt Book Fair' yakni '17000 Islands of Imagination'. Kali ini, UWRF telah memilih 16 penulis yang akan hadir di ajang bergengsi tersebut.

Proses seleksi untuk pemilihan penulis memakan waktu selama tiga bulan. Sebanyak 595 penulis dari 168 kota di 27 propinsi telah mengirimkan karyanya pada tenggang waktu submisi yang dibuka dari November 2014 hingga akhir Januari 2015 setiap tahunnya.

"Karya para penulis terpilih tahun ini menunjukkan sejumlah hal menggembirakan. Mereka pada umumnya mampu menemukan cara ungkap yang lebih segar dengan referensi kuat dari para penulis dunia yang mereka baca," ucap salah satu Dewan Kurator UWRF 2015 Aan Mansyur dalam keterangannya kepada detikHOT, Rabu (6/5/2015).

Baca Juga: Selain 'Charlotte Elizabeth Diana', Ini Potret Putri Diana-Charles ala The Simpsons

Penulis 'Melihat Api Bekerja' (2015) yang juga kurator di Makassar International Writers Festival sejak 2011 ini bekerja tak sendirian. Ia mengkuratori bersama sastrawan Eka Kurniawan, yang dua karyanya telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris menjadi 'Beauty is a Wound' (New York, 2015) dan 'Man Tiger' (London, 2015).

Kurator lainnya adalah Ketut Yuliarsa, penulis puisi dari Bali yang telah melanglang buana ke manca negara dan dikenal dengan karya puisinya Jatuh Bisu dan Suara Malam. "Sebagian besar di antara mereka adalah generasi yang lahir dari rahim Internet yang menawarkan bacaan yang beragam," tambahnya.

Ke-16 penulis tersebut adalah Zaky Yamani (Bandung), Tia Setiadi (Yogyakarta) , Rio Johan (Baturaja), Andina Dwifatma (Tangerang), Vinca Callista (Cimahi), Gunawan Tri Atmodjo (Surakarta), Norman Erikson Pasaribu (Bekasi), Raedu Basha (Sumenep), Ali Syamsudin (Banjarbaru), Leopold Adi Surya Indrawan (Denpasar) , Jumardi Putra (Kotabaru), Dwi Ratih Ramadhany (Sampang), Adimas Immanuel (Surakarta), Tenni Purwanti (Garut) , Achmad Fawaid (Probolinggo), dan Dedy Arsa (Padang).

Perhelatan sastra Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) akan berlangsung pada 28 Oktober hingga 1 November 2015 di Ubud, Bali. 


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com