DetikHot

art

Tak Lagi Keliling Dunia, Lukisan Langka 'Sunflowers' akan Tinggal di Amsterdam

Selasa, 29 Jan 2019 12:57 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tak Lagi Keliling Dunia, Lukisan Langka Sunflowers akan Tinggal di Amsterdam Tak Lagi Keliling Dunia, Lukisan Langka 'Sunflowers' akan Tinggal di Amsterdam Foto: Getty Images
Jakarta - Salah satu lukisan langka Vincent van Gogh yang menampilkan bunga matahari selama ini berkeliling dunia. Namun pihak Museum Van Gogh memutuskan lukisannya bakal tinggal selamanya di Amsterdam karena usia yang sudah menginjak 130 tahun.

Selama 6 minggu para ahli melakukan penilaian dan pemulihan terhadap lukisan 'Sunflowers'. Lukisan itu dibuat oleh pelukis asal Belanda itu di Prancis bagian selatan pada 1889 silam.

"Basis dan lapisan cat stabil tapi peka terhadap getaran dan perubahan kelembaban, serta suhu udara," ujar Direktur Museum Van Gogh, Axel Ruger dilansir dari Reuters, Selasa (29/1/2019).



Lantaran alasan itulah, lukisan Van Gogh sebisa mungkin harus dipajang di lingkungan yang stabil. Serta tak boleh dipindahkan ke banyak tempat.

Selain itu, tim ahli juga mengungkap detail tentang bahan yang digunakan oleh Van Gogh. Termasuk gulungan linen dari kanvas yang dipotong. Lukisan 'Sunflowers' sebelumnya pernah dipamerkan di Galeri Nasional London.

Pada 22 Februari mendatang, 'Sunflowers' kembali bakal dipajang di Museum Van Gogh di Amsterdam di bawah pencahayaan baru yang lebih lembut.


(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed