DetikHot

art

Lukisan 'Sunflowers' Van Gogh di Amsterdam Direstorasi

Rabu, 23 Jan 2019 11:16 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Sunflowers Van Gogh di Amsterdam Direstorasi Lukisan 'Sunflowers' Van Gogh di Amsterdam Direstorasi Foto: Getty Images
Jakarta - Lukisan 'Sunflowers' karya Vincent van Gogh jadi mahakarya yang paling dicari di dunia. Salah satu lukisan ikonik bunga matahari itu akhirnya direstorasi atau diperbaiki.

Museum Van Gogh di Amsterdam mengumumkan lukisannya telah diambil dari dinding untuk penelitian dan restorasi. Pengumuman restorasi terjadi beberapa bulan setelah ilmuwan menemukan pilihan cat kuning dari karya sang seniman yang menyebabkan kelopak dan batang bunga menjadi cokelat.



Lukisan dari tahun 1889 diketahui hanya menggunakan tiga warna kuning dan tak ada yang lain. "Pekerjaan restorasi berlangsung sampai 22 Februari," tulis keterangan Museum Van Gogh di Amsterdam.

Saat ini lukisan bunga matahari sedang dipulihkan. "Fase terakhir dari penelitian sedang berlangsung," kata petugas senior museum, Ingrid Looijmans.

Saat ini restorasi fokus pada warna pigmen. Ketika berada di Arles, Van Gogh bereksperimen dengan warna kuning, di antaranya adalah 'Sunflowers', 'The Starry Night', 'Wheatfield with a Reaper and The Yellow House'.

Tahun lalu, lima lukisan bunga matahari Van Gogh dipamerkan dalam galeri virtual dari galeri London, Amsterdam, Philadelphia, Munich, dan Tokyo.


(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed