DetikHot

art

3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja?

Rabu, 10 Okt 2018 17:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? 3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? Foto: Nyoman Nuarta/ pribadi
Jakarta - Kehadiran seni patung menjadi elemen terpenting dalam tata letak sebuah kota. Di antara hadirnya patung-patung tersebut ada yang menimbulkan kontroversi sampai dibicarakan publik.

Berikut 3 patung yang ada di Indonesia dan menimbulkan kontroversi seperti dirangkum detikHOT:



1. Patung Obama Kecil di Menteng

3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? 3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? Foto: Dwi Andayani/detikcom


Sosok Barack Obama sempat menjadi perbincangan lantaran kehidupan masa kecilnya pernah tinggal di Indonesia. Pada 2010 silam, keberadaan patung Obama di Taman Menteng pernah digugat oleh kelompok Facebookers.

Keberadaan patung Obama tersebut dinilai telah mengganggu norma kepantasan karena patung pahlawan nasional lebih diprioritaskan. Kelompok facebookers mengganggap Gubernur DKI, Walikota Jakarta Pusat, dan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI pihak yang paling bertanggungjawab.

Setelah gugatan yang diajukan kelompok Facebookers tentang patung OBama di Taman Menteng dicabut Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, patungnya pun dipindahkan. Patung Obama dipindahkan ke SD 01 Menteng Jakarta Pusat.

2. Patung Tiga Mojang di Bekasi

3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? 3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? Foto: Nyoman Nuarta/ pribadi


Pada Juni 2010 lalu, patung 'Tiga Mojang' yang berada di perumahan elite Harapan Indah, Bekasi, didemo massa. Sekelompok massa menuntut agar patung senilai Rp 2,5 miliar tersebut dibongkar.

Patung yang terbuat dari perunggu karya seniman asal Bali I Nyoman Nuarta itu dirobohkan karena mendapatkan protes dari kalangan ulama dan masyarakat. Patungnya dinilai memiliki simbol Trinitas dan pendiriannya pun dituding tak berizin.

Padahal Nyoman Nuarta menyebutkan 'Tiga Mojang' adalah patung yang menjadi refleksi keindahan budaya Jawa Barat. Karya fenomenal dari pencipta Garuda Wisnu Kencana (GWK) itu pun dirobohkan.

3. Patung Macan Cisewu

3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? 3 Patung Kontroversial di Indonesia, Apa Saja? Foto: meme di internet


Foto patung macan yang berada di Komandan Rayon Militer(Koramil) 1123 Cisewu, yang bernaung di bawah Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen pada Maret 2017 lalu. Patung itu dianggap memiliki bentuk yang tidak sangar dan berbeda dari macan lainnya.

Di bagian kepala patung macan terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu dan beberapa membuatnya menjadi meme.

Kini patung macannya sudah diganti dan diresmikan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi beberapa waktu lalu. Ia memberi nama patungnya dengan 'maung ki sancang gugat'. Artinya, maung tersebut kini sudah besar dan menggugat persoalan-persoalan yang terjadi di wilayah Garut Selatan.



Tonton juga 'Wacana Patung Jokowi di NTT, Sandi: Why Not?':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed