DetikHot

art

Lukisan Banksy Langsung Hancur usai Terjual Rp 20 M

Senin, 08 Okt 2018 12:53 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Banksy Langsung Hancur usai Terjual Rp 20 M Lukisan Banksy Langsung Hancur usai Terjual Rp 20 M Foto: Sotheby's
Jakarta - Aksi Banksy kali ini benar-benar membuat pecinta seni yang hadir di balai lelang Sotheby London terkejut. Lukisan 'Girl with Balloon' yang fenomenal itu baru saja terjual senilai Rp 20 miliar tapi lansung hancur usai ketok palu.

Pada Jumat (12/10) malam lalu, lukisannya berhasil terjual ke penawar tertinggi yang namanya anonim. Namun baru saja diketok palu, lukisan yang menggambarkan seorang anak perempuan memegang balon berwarna merah tiba-tiba saja turun dari kanvasnya, dan layaknya mesin penghancur, setengah karya tercabik-cabik.

Setelah peristiwa yang mencengangkan dan menjadi perhatian publik, Banksy pun mengupload video di balik rahasia lukisan tersebut.



"Beberapa tahun lalu saya membuat penghancur kertas rahasia di balik lukisan," tulis Banksy dalam videonya seperti dikutip detikHOT.

Dalam video, Banksy menambahkan mesin penghancur kertas atau kanvas yang berada di dalam pigura karyanya. Entah menggunakan remote control atau tidak, tapi ketika orang balai lelang mengetuk palunya, maka lukisan akan otomatis turun dan tercabik.

Di aksi nekatnya tersebut, Banksy juga mengutip perkataan Picasso, "Dorongan untuk menghancurkan juga sebuah dorongan kreatif," tulisnya.



Banksy yang berasal dari Bristol, Inggris kerap menggambar grafiti yang cenderung kontroversial. Seniman yang identitasnya dirahasiakan itu pernah menggambar polisi yang tengah berciuman, simpanse dengan tulisan 'tertawa sekarang tapi suatu hari nanti saya yang berkuasa' hingga karyanya di wilayah perbatasan di negara perang.

Bagaimana menurutmu dengan aksi Banksy tersebut?

[Gambas:Instagram]



Saksikan juga video 'Visible Form Of Feelings, Nikmati Lukisan Lewat Perasaan':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed