DetikHot

art

Antihero Venom dalam Bentuk Wayang Kreasi Is Yuniarto

Jumat, 05 Okt 2018 09:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Antihero Venom dalam Bentuk Wayang Kreasi Is Yuniarto Antihero Venom dalam Bentuk Wayang Kreasi Is Yuniarto Foto: is.yuniarto/ pribadi
Jakarta - Kesenian wayang kulit kerap dianggap tradisional dan tidak modern. Namun bagaimana kalau wayang kulit justru membentuk karakter-karakter dari superhero Marvel dan Star Wars?

Hal itulah yang coba dibuat oleh komikus 'Garudayana'. Sejak wayang Avengers kreasi Is Yuniarto diberikan pada sutradara Joe Russo, Benedict Cumberbatch, dan Karen Gillan karyanya makin dikenal. Saat itu ia memberikan versi wayang dari 'Avengers: Infinity Wars' saat mereka sedang mempromosikan filmnya di Singapura.

Di momen kali ini, Is Yuniarto tak ingin ketinggalan momen film 'Venom' yang tayang pekan ini. Ketika diwawancarai detikHOT, komikus yang tinggal di Surabaya itu menceritakan mengenai proses pembuatan sampai ketertarikannya terhadap karakter Venom.



"Sejak pertama kali diperkenalkan dalam semesta komik Marvel, saya sudah langsung suka desain dan sifat dari Venom," ujarnya ketika dihubungi detikHOT, Jumat (5/10/2018).

Dia menambakan awalnya karakter Venom berupa 'kostum hitam' Spiderman. "Sampai akhirnya berdiri sendiri menjadi karakter rival yang sepadan dengan Spider-Man, saya sudah tertarik untuk membuatnya," tutur Is.

Untuk membuat wayang Venom, ia membuatnya selama 5 hari kerja. Termasuk riset bentuk karakter, perbandingan desain karakter antara komik serta versi filmnya.

"Eksperimen bentuk ragam motif wayang, sketsa pensil sampai pewarnaan digital," katanya lagi.



Wayang venom ini pun diakui Is merupakan kelengkapan seri wayang superhero yang diciptakannya. Ia pun tak menyangka karya yang baru saja dipublikasikan ke akun Instagram pribadinya mendaptakan lebih dari 3.200 likes.

Dalam gambar yang dipublikasikan tersebut, bentuk wayangnya sama seperti wayang kulit. Namun, di bagian kepala terlihhat kepala monster dengan lidah tengah terjulur serta kuku di tangan yang tampak lebih panjang.

"We Are #Venom The lethal protector in Javanese wayang kulit style. Nama wayang venom apa yaaa? #venom #venommovie #wayang #marvel," tulis @is.yuniarto di akun Instagram.

Netizen pun sebagian besar berkomentar positif. "Saya sangat bangga dan mengapresiasi karya om Yuniarto. Good job, om 👍👍 teruslah berkarya, om ❤," ujar seorang netizen.

Bagaimana menurutmu?

[Gambas:Instagram]





Tonton juga 'Tom Hardy Akui Terinspirasi Sebagai Venom karena Anaknya':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed