DetikHot

art

Ini Dia Minke-Annelies 'Bumi Manusia' Versi Teater

Kamis, 13 Sep 2018 08:31 WIB  ·   Arif Syaefudin - detikHOT
Ini Dia Minke-Annelies Bumi Manusia Versi Teater Foto: (Arif/detikcom)
Blora -

Dalam opening ceremony festival 'Cerita dari Blora', sejumlah pelajar dari SMA Negeri 1 Blora menampilkan sajian teater 'Bumi Manusia' yang kisahnya diambil dari novel terkemuka karya Pramoedya Ananta Toer. Pertunjukan digelar di Landscape kunden Blora, Rabu (12/9/18) malam.

Dalam 'Bumi Manusia' versi teater itu, peran Minke dibawakan oleh Idhom Mualam. Sedangkan Annelies diperankan oleh Linda Ayu Carolina. Serta sejumlah peran lainnya, yang semuanya merupakan murid SMA Negeri 1 Blora.

Ini Dia Minke-Annelies 'Bumi Manusia' Versi TeaterFoto: (Arif/detikcom)



"Kita garap untuk latihan terhitung sudah 2,5 bulan ya. Memang kita sempat kesulitan menentukan, siapa murid kami yang bisa memerankan dua tokoh sentral ini. Karena kebetulan ini (novel) dibuat di Blora dan disaksikan oleh orang banyak, sehingga kami harus benar-benar selektif sebelumnya," kata Nensi Septiana Kencana Wulan, sutradara teater 'Bumi Manusia'.


Ia mengakui dalam latihan teater itu, sempat pula mendapatkan mentoring langsung dari Soesilo Ananta Toer, adik dari Pramoedya Ananta Toer yang juga seorang sastrawan dan kini tinggal di rumah masa kecil Pramoedsya Ananta Toer.

"Ya kebanggaan tersendiri bisa mendapatkan kepercayaan membawakan teater ini. Apalagi cerita Bumi Manusia ini menjadi ramai diperbincangkan sejak akan di filmkan kan," terang Nensi, yang juga merupakan guru SMA N 1 Blora.

"Karena adaptasinya berbeda dan sense yang berbeda karena ini diperankan oleh para pelajar dalam bentuk teater, sehingga Bumi Manusia yang kami tampilkan malam hari ini barangkali ada perbedaan dengan yang akan difilmkan oleh mas Hanung Bramantyo, tapi sejauh itu kami tidak keluar dari rel," lanjutnya.



Sementara itu Idhom Mualam, pelajar yang memerankan Minke, mengaku sempat kesulitan mempelejarai karakter Minke, sosok pribumi yang memiliki idealisme tinggi. Ia pun mengakui banyak mendapatkan nasihat dari Soesilo Toer, saat mentoring.

"Ya banyak yang diarahkan, seperti ngomongnya harus lebih tegas lagi, apalagi ini kan ideloginya tinggi, jadi harus benar-benar membentuk karakter biar tidak keluar ya. Senang sekaligus lega sudah bisa tampil," kata Idhom.



Simak video Kontroversi Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'Bumi Manusia'

[Gambas:Video 20detik]

Ini Dia Minke-Annelies 'Bumi Manusia' Versi Teater

(doc/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed