DetikHot

art

Ilustrator Jim Kay Blak-blakan tentang Inspirasi Gambar 'Harry Potter'

Rabu, 25 Jul 2018 16:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Ilustrator Jim Kay Blak-blakan tentang Inspirasi Gambar Harry Potter Ilustrator Jim Kay Blak-blakan tentang Inspirasi Gambar 'Harry Potter' Foto: Dok.Bloomsbury and Scholastic
Jakarta - Jim Kay menjadi ilustrator bagi buku-buku 'Harry Potter' yang paling dikenal. Ia dipercaya menciptakan ulang ilustrasi bagi 7 edisi Harry Potter dan kini sudah terbit dua buku cetakan ulang 'Harry Potter' dengan ilustrasi dari Jim Kay.

Perjalanan Jim Kay dengan Harry Potter memang aneh. Ia yang menggemari dan membaca buku-buku J.K Rowling itu blak-blakan mengenai inspirasi di San Diego Comic Con akhir pekan lalu.

Ia mengibaratkan akan membuat ilustrasi selama 7 tahun perjalanan dan mengambil contoh perjalanan usia anak.



"Anak-anak akan membaca buku ini selama 7 tahun. Jadi saya memutuskan untuk berbicara dengan anak-anak secara nyata dan melihatnya setiap tahun. Saya melihat mereka tumbuh," ujar Jim Kay.

Meskipun inspirasi dari dunia nyata itu diakui Jim Kay memiliki batasnya. "Saya memberikan nama untuk inspirasi saya adalah Dudley Dursley-ku, yang sebenarnya dia adalah anak laki-laki yang menyenangkan," kata Jim Kay.

Di tiga buku pertama, ia membangun skala model Hogwarts dari kertas sampah, tanah liat, kayu, dan wol serta membuat kastil seperti bentuk aslinya. Ia pun secara tak sengaja mendesain menara astronomi sebagai Stadion Wembley, Dobby meleleh, sampai penafsirannya tentang bangunan Hogwarts.

"Saya juga membuat bagaimana potret Severus Snape yang dipenuhi dengan simbolisme termasuk gunting yang mewakili mantra Sectumsempra, dan banyak hal yang saya buat dulu di dunia nyata baru saya gambar," lanjutnya lagi.



Ilustrasi-ilustrasi Jim Kay mendapatkan respons positif dan apresiasi dari para penggemar J.K Rowling. Ia menceritakan awal diajak menggambar untuk proyek terbaru Harry Potter.

"Pada suatu hari, agen saya menelepon dan berkata untuk menggambar Harry Potter dengan tujuh buku. Well, saya pikir ia bercanda. Tapi ini seperti mimpi dan saya penggemar berat Harry Potter," pungkasnya.



(tia/srs)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed