DetikHot

art

BDG Connex Mampu Buat 'Mapping' Seni yang Ada di Bandung

Selasa, 17 Jul 2018 11:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
BDG Connex Mampu Buat Mapping Seni yang Ada di Bandung BDG Connex Mampu Buat 'Mapping' Seni yang Ada di Bandung Foto: BDG Connex
Jakarta - Bandung Connex yang menjadi platform di kota Kembang mampu memetakan peristiwa seni rupa apa saja yang terjadi. Selama sebulan hingga 14 Agustus, mulai dari komunitas hingga pelaku industri kreatif di Bandung menggelar acara secara serentak.

Sejak awal tahun, penciptaan Bandung Connexy yang digagas oleh Rifky Effendy, A. Rikrik Kusmara, Rizki A.Zaelani, dan Candra Wana menjadi perbincangan. Bukan tanpa sebab, para penggagas ini ingin membuat 'mapping' atau 'peta' segala peristiwa seni rupa yang ada di Bandung.

Seteleh submit beragam acara seni, Rifky Effendy mengatakan kini sudah mulai terlihat 'mapping' yang menjadi tujuan dari penyelenggara.



"Yang sehat seperti itu karena ketika yang aktif seniman atau galeri berarti kan lebih sehat. Dengan adanya event ini jadi terlihat potensinya," tutur pria yang akrab disapa Goro kepada detikHOT.

Tak hanya Jakarta dan Yogyakarta saja yang menjadi kantong-kantong kebudayaan Tanah Air, Bandung pun disebut memiliki segudang seniman.

"Di Bandung tuh lebih kuat akademik. Ada ITB, UPI yang dahulunya disebut IKIP, ISBI, Telkom, ITENAS, dan masih banyak lagi sekolah yang interest ke seni rupa dan ada macem-macem juga. Ada yang new media, tradisional, craft, seni rupa murni, lukis, dan lain-lain. Makanya harus dibuat event, kalau nggak potensinya nggak akan kelihatan," tuturnya.



Pilot project yang berlangsung di tahun ini, dinilai Goro cukup diminati para pecinta seni. Mereka yang mendaftar program acaranya masing-masing pun terlihat antusias.

"Dari koleksi Galeri Nasional Indonesia ada koleksi seniman-seniman Jawa Barat terutama Bandung yang dipamerkan," pungkasnya.

(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed